Maling Bawa Kabur Data Penting Notaris



PAKISAJI-Kantor Notaris Viros Ananta SH, di Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji dibobol kawanan pencuri, dini hari kemarin. Pelaku yang diperkirakan beraksi lebih dari seorang itu berhasil membawa kabur beberapa barang berharga, senilai sekitar Rp 5 juta.
Barang di kantor notaris yang dibawa kabur itu diantaranya empat buah hardisk komputer, satu buah hardisk CCTV serta tiga layar monitor. Barang-barang tersebut, dicuri di dalam ruang kerja. Kasus pencurian ini dalam proses penyelidikan petugas Polsek Pakisaji diback up Polres Malang.
“Kasusnya masih kami selidiki. Tadi pagi (kemarin) anggota sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), sekaligus meminta keterangan beberapa orang saksi,” ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Adam Purbantoro.
Aksi pencurian tersebut, diceritakan Aiptu Gatot, Kanitreskrim Polsek Pakisaji diperkirakan terjadi antara Minggu (29/11) malam sampai Minggu (1/12) dini hari kemarin. Saat kejadian, kantor notaris yang berada persis di depan PR Penamas ini, sedang tutup. Pintu pagar depan juga terkunci rapat.
Pelaku yang diduga sebelumnya sudah merencanakan aksinya masuk ke dalam kantor notaris melalui bangunan rumah kosong di sebelah selatan yang tidak terawat. Selanjutnya, pelaku masuk ke dalam kantor notaris dengan menjebol jendela kamar mandi samping.
Setelah berhasil masuk, pelaku langsung menjarah beberapa barang berharga. Setelah mendapatkan barang yang diincarnya, pelaku langsung kabur lewat jalan semula. “Sebetulnya kerugiannya memang kecil. Tetapi data-data dan dokumen penting yang ada dalam hardisk itulah yang menjadi persoalan korban,” tutur Gatot.
Kejadian baru diketahuinya pagi kemarin, sekitar pukul 08.00 WIB. Kali pertama yang mengetahui adalah dua karyawatinya. Saat itu dua saksi ini terkejut ketika melihat kondisi ruangan sudah berantakan. Takut dituduh macam-macam, kedua saksi lantas menghubungi Viros Ananta.
Setelah dipastikan telah terjadi pencurian, kejadian itu langsung dilaporkan ke Polsek Pakisaji. Polisi yang mendapat laporan, langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah TKP.(agp/van)