Wakapolsek Korban Laka

LOKASI NAHAS: Lokasi kecelakaan yang merenggut nyawa Wakapolsek Bululawang diberi garis putih.

Pita Hitam untuk Polres Malang
MALANG - Polres Malang kembali berkabung. Salah satu perwira pertama, meninggal dunia dalam kasus kecelakaan yang terjadi pagi kemarin. AKP H Susanto, Wakapolsek Bululawang ini, menghembuskan nafas terakhirnya saat dalam perjalanan ke rumah sakit.
Kematian mantan Kasatbinmas Polres Malang Kota ini, menambah jumlah anggota Polres Malang yang meninggal akibat kecelakaan pada tahun 2015 ini. Sebelumnya Kapolsek Wonosari, AKP Affan Junaedi beserta istri, juga meninggal karena kecelakaan. Sekitar sepekan lalu, anggota Provost Polsek Sumberpucung Aiptu Suyanto, juga meninggal karena kasus yang sama.

"Pak Susanto, meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit. Lukanya memang cukup parah, terutama tangannya yang remuk," ujar Kanitlaka Polres Malang, Ipda Yoyok Supandi.
Peristiwa kecelakaan tersebut, terjadi sekitar pukul 09.00. Pagi itu dengan mengenakan seragam dinas, AKP Susanto baru saja keluar dari Polsek Bululawang. Ia mengendarai sepeda motor Kawasaki Ninja nopol N 4121 IF, seorang diri.
Tujuannya untuk melakukan patroli rutin dengan keliling wilayah Kecamatan Bululawang. "Korban masih memakai seragam dinas saat kecelakaan tadi. Ia berpamitan untuk melakukan patroli," sambung Kapolsek Bululawang, Kompol A Napitupulu.
Ketika melintas di lokasi kejadian Jalan Raya Wandanpuro, Bululawang, Susanto berniat mendahului kendaraan truk trailer nopol L 9953 UP, yang dikemudikan oleh Jasin, 43 tahun warga Surabaya, yang berjalan searah dari selatan ke utara. Saat mendahului dari sebelah kiri, tiba-tiba motor yang kendarainya oleng kenan hingga menyenggol bagian samping truk trailer.
Lantaran tidak bisa mengendalikan motor saat oleng, membuat Susanto jatuh ke kanan persis di bawah truk. Sedangkan motor yang dikenarainya jatuh ke sebelah kanan. Karena tidak bisa dihindari, beberapa bagian tubuh Susanto terlindas.
Warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut, lalu berlari memberitahukan pada petugas Pos Laka Lantas Bululawang. Karena jarak lokasi kecelakaan dengan Pos Laka Lantas hanya sekitar 75 meter. Sebagian warga lainnya, berusaha menolong korban dengan melarikannya ke rumah sakit. Tetapi nahas, nyawa Susanto keburu melayang.
"Saat ini, kasus kecelakaan tersebut kami tangani. Kendaraan yang terlibat sudah kami amankan. Sekarang kami masih melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi," papar Yoyok Supandi.
Selama menjalankan tugas baik sebagai Wakapolsek Bululawang ataupun Kasatbinmas Polres Malang Kota, Susanto dikenal orang yang supel. Ia dekat dengan siapapun, termasuk dengan awak media. Bahkan, selama tugas ia selalu aktif dalam menggiatkan sosialisasi keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
Tidak hanya itu, ia juga sangat tekun dengan agama. Setiap kegiatan yang bentuknya sosial, tidak pernah ia lewatkan. Selamat jalan AKP H Susanto, semoga amal ibadahnya diterima di sisi-NYA.(agp/ary)