Sekejap Curi HP Teman Sekampung


MALANG - Seorang pemuda asal Jalan Serayu, Desa/Kecamatan Wajak, sejak akhir pekan lalu harus meringkuk di balik rutan Mapolres Malang. M Faturrahman, 22 tahun, ditahan atas tuduhan pencurian handphone. Korbannya tetangga sekaligus teman sekampung, yakni Budi Irawan, 24 tahun.
Faturrahman, diringkus petugas selang beberapa jam setelah mencuri. Barang buktinya sebuah HP merek Samsung milik korban yang dicuri. HP tersebut ditemukan dalam saku jaketnya.
"Tersangka kami amankan, di rumahnya setelah kami mendapat laporan dan petunjuk dari keterangan saksi-saksi. Ketika kami tangkap, tersangka tidak mengelak tuduhan pencurian itu," ujar Kasatreskrim Polres Malang, AKP Adam Purbantoro.
Aksi pencurian terjadi Sabtu (5/12) dini hari lalu sekitar pukul 00.30. Sebelum mencuri, korban dan tersangka ini sama-sama nongkrong di sebuah pos kamling, dengan beberapa orang. Bahkan mereka sempat ngobrol dan bercanda.
Ketika asyik ngobrol dan korban lengah, dengan kecepatan tangannya tersangka lantas mengambil HP milik korban yang ada di atas meja. Begitu diambil, HP tersebut langsung dinonaktifkan dan disembunyikan.
Korban baru menyadari kalau HP miliknya hilang, ketika pulang ke rumahnya. Ia sadar kalau HP miliknya tidak ada. Sesaat kemudian kembali ke Pos Kamling, menanyakan kepada semua orang termasuk tersangka, sama sekali tidak ada yang mengaku. Akhirnya korban lantas melaporkan ke polisi.
Petugas yang mendapat laporan itu, segera menindaklanjutinya dengan memeriksa beberapa orang saksi. Hasil pemeriksaan mengerucut pada tersangka M Faturrahman, yang kemudian didatangi di rumahnya untuk diamankan.
"Pengakuan tersangka, HP tersebut sedianya akan dijual dan uang hasil penjualan akan dibelikan HP yang baru," tutur mantan Kasatreskrim Polres Malang Kota ini. (agp/nug)