Pelajar SMP Curi Motor

Barang bukti sepeda motor yang dicuri SH dan AF kini  diamankan petugas Polsek Dau.

KEPANJEN - Dua pelajar kelas IX salah satu SMP di Kecamatan Dau, harus berurusan dengan polisi sejak awal pekan lalu. Dua pelajar itu yakni  SH, 15 tahun, warga Desa Gangsiran, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dan AF, 15 tahun, warga Dusun Precet, Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau. Keduanya ditangkap karena kasus pencurian sepeda motor.
“Mereka berdua kami tangkap di rumahnya masing-masing. Karena usianya masih di bawah umur, setelah kami periksa mereka kami titipkan di tahanan Polres Malang. Untuk kasusnya tetap kami yang menangani,” ujar Kapolsek Dau, Kompol Supari.
Menurut Supari, aksi pencurian yang dilakukan dua ABG tersebut terjadi Jumat pekan  lalu di parkiran mesjid Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau. Mereka mencuri sepeda motor Honda Revo nopol N 3814 LK. Motor tersebut milik Mujiati, warga Kecamatan Dau, yang digunakan oleh anaknya, Alfiando.
Kisahnya, sebelum motor tersebut dicuri, motor Honda Revo itu diparkir di halaman mesjid. Selanjutnya, oleh Alfiando, ditinggal untuk  salat Jumat. Ketika ditinggal salat Jumat inilah motor itu dicuri oleh kedua tersangka.
Modus operandinya yakni  mencuri dengan memotong salah satu kabel kunci kontak. Setelah mesin motor berhasil dihidupkan, motor itu lalu dibawa kabur dan disembunyikan di rumah AF. Kemudian untuk menghilangkan petunjuk, motor Honda Revo itu dipreteli. Setelah kondisinya protolan, motor dibawa oleh tersangka SH.
“Selain mencuri sepeda motor, dua pelajar tersebut juga mencuri helm milik korban. Untuk helm, sudah dijual kepada seseorang seharga Rp 300 ribu. Uangnya dibagi dua dan habis digunakan untuk membeli jajan,” tutur mantan Kasat Binmas Pores Malang ini.
Terungkapnya aksi pencurian tersebut berawal dari laporan korban ke petugas Polsek Dau. Berdasarkan laporan itu, polisi lalu melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi. Dari keterangan saksi-saksi tersebut, diketahui bahwa motor curian dibawa oleh SH.
Berangkat dari itulah, akhirnya polisi memburu SH dan berhasil menangkapnya di rumahnya. Dari penangkapan SH, lalu dikembangkan dan berhasil menangkap AF di rumahnya.(agp/van)