Tamu Tak Dikenal Gondol Brankas

BLIMBING–  Ini peringatan bagi warga untuk selalu berhati-hati kepada orang yang bertamu. Bisa jadi tamu yang datang tersebut adalah pelaku kriminal. Seperti yang terjadi di rumah Ir H Supriyanto, 53 tahun, warga Pondok Blimbing Indah Malang, Kamis (11/10) lalu. Menyaru sebagai tamu ditambah penampilan parlente, enam orang menyekap Yasin dan adiknya, dua pembantu Supriyanto. Dari rumah itu, mereka hanya berhasil menggondol brankas yang berisi surat-surat penting.  Dijelaskan Kapolsekta Blimbing, AKP Rofiq Ripto Himawan, berawal saat Yasin keluar rumah untuk menutup dan menggembok pintu pagar. Saat itulah datang pelaku yang mengendarai mobil Nissan Grand Livina. Awalnya, tiga orang berpakaian rapi turun, dan menghampiri Yasin, dan menanyakan keberadaan majikannya.
Mendapat jawaban tersebut, salah satu pelaku langsung mengeluarkan pisau dari balik bajunya. Pisau tersebut seketika dihunuskan ke tubuh Yasin, seiring pelaku lain mencengkeram lehernya. Kontan Yasin takut, apalagi saat itu pelaku mengancam akan membunuh, jika mereka tidak dibukakan pintu.  “Begitu pintu terbuka, tiga pelaku lain yang awalnya ada dalam mobil keluar. Selanjutnya enam pelaku masuk ke rumah korban,” tambah Ripto. Mereka memperdayai Yasin dan adiknya, lalu menyekapnya di kamar mandi.
“Tidak ada uang dalam brankas tersebut, hanya surat-surat saja yang ada dalam brankas tersebut. Diantarannya sertifikat tanah, sertifikat rumah, surat IMB, bukti  PBB rumah, BPKB 13 motor, kunci serep mobil Mercedes, serta 14 lembar sertivikat berlian. Kalaupun ada barang berharga lainnya yang dibawa pelaku hanya kamera merek cannon serta laptop, itu saja,” tegas mantan Kasatreskrim Polres Malang Kota ini. Perwira ini mengaku, pihaknya tetap melakukan penyelidikan. (ira/mar)