Dua Ibu, Satu Balita Tewas Dilindas Bus

BATU - Kecelakaan tragis terjadi di Kota Wisata Batu, kemarin sore. Tiga orang tewas terlindas bus Pariwisata PO Tirto Agung, S 7139 UW di depan SPBU 54.6.53.09 Jalan Diponegoro. Tiga korban tewas yakni  Anik Susiati, 27 tahun, warga Sumber Brantas RT04 RW17, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu,  Jiyem Winarsih, 33 tahun, warga Kampung Bista, Dusun Junggo RT01 RW16, Desa Tulungrejo, Bumiaji Batu dan Ikrima Salfira Kisna Nur Azizah, anaknya yang berusia 11 bulan. Jenazah ketiganya, semalam dibawa ke kamar mayat RSSA Malang (berita dan foto terkait di halaman Patroli).  
Informasi yang didapat, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 17.15 ini, ketiga korban mengendarai motor Honda Revo, N 4186 KZ menuju arah Alun-Alun Kota Batu.
Suripto, 45 tahun, seorang saksi mata menjelaskan, Anik Susiati yang menyetir motor itu, berusaha mendahului bus yang dikemudikan Hari Susanto, 49 tahun, warga Jalan Letjen Sutoyo LK IV 163 Kediri dari kiri. “Sampai di tengah-tengah bodi bus, mereka terjatuh dari motor dan langsung masuk kolong bus. Mereka langsung terlindas ban belakang bus,” tutur sopir mikrolet yang persis berada di belakang bus.
Begitu terlindas, kehebohan langsung melanda penumpang bus yang merupakan rombongan PKK Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Jombang. Mereka yang baru saja mengunjungi Masjid Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah Turen hendak ke Pemandian Dewi Sri, berteriak histeris. Hari Susanto, sopir bus dan kernetnya pun menghentikan bus dan turun untuk mengecek kondisi para korban. “Begitu melihat para korban sudah tidak bernyawa, sopir bus hanya bisa memegang kepalanya,” ungkap Suripto yang asal Donomulyo ini. Sembari menunggu polisi datang, warga sekitar menutupi jenazah ketiga korban dengan koran.
Musrianah, 52 tahun, salah satu penumpang bus mengaku bus yang ditumpanginya sempat bergeronjal ketika melindas tubuh ketika korban. Kondisi ini terasa utamanya, penumpang yang duduk di bangku belakang tepat di atas roda bus. “Seperti melindas batu besar,” ujarnya kepada Malang Post. Para penumpang bus ini kemudian memberitahukan kejadian tersebut ke dua bus rombongannya yang sudah melaju di depannya.
Sementara itu, Kasatlantas Polres Batu, AKP I Made Merta menegaskan, untuk penyelidikan, sopir bus dan kernetnya diperiksa di Mapolres Batu. “Semua barang bukti seperti bus, motor koban dan berbagai barang bawaannya, diamankan di Laka Lantas,” terangnya. Disinggung tentang siapa yang menjadi tersangka dalam kasus kecelakaan ini, Made mengatakan pihaknya masih perlu melakukan penyelidikan lebih mendalam. Namun, petugas Laka Lantas Polres Batu yang melakukan olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi mengaku, tersangka kecelakaan ini bisa jadi Anik Susiati yang mengemudikan motor. “Karena kurang hati-hatinya ditambah dia menyalip dari kiri, bisa jadi dia tersangkanya,” ungkap petugas itu. (ary/mar)