Bentuk Tim Buru Empat PL PT MSS

MALANG– Upaya polisi memburu empat petugas rekrutmen Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  atau Petugas Lapangan (PL) PT Mitra Sukses Sinergi (MSS) Jalan Kartini Malang masih lambat. Meskipun identitas keempat PL itu sudah dikantongi, namun sampai kemarin belum satupun PL yang diamankan. Empat PL yang kini menjadi buruan polisi itu berinisial SDM, 35 tahun, warga Jalan Jodipan I C Malang, TFK, 40 tahun, warga Pagak, SYT, 35 tahun, warga Desa Sidorejo, Pagelaran, dan HSN, 32 tahun, warga Brangrea, Sumbawa.  Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP James Hutajulu, mengatakan keempat PL tersebut masih diselidiki keberadaannya. “Belum ada yang tertangkap. Masih dalam pengejaran anggota,” ujar James, panggilannya.
Dikatakan dia, sebagai upaya untuk segera menangkap keempat PL tersebut, pihaknya telah membentuk tim. Tim itu sendiri adalah gabungan dari petugas Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) yang menangani perkara ini, serta dari anggota Reskrim sendiri. Harapannya dengan adanya tim itu, empat PL tersebut bisa segera ditangkap. Sementara itu, Kanit UPPA Polres Malang Kota, Iptu Sokib saat dikonfirmasi juga mengaku kalau keempat PL itu masih dalam buruannya. Pihaknya sudah menyebar beberapa anggotanya untuk menyelidiki keberadaan mereka.
Disinggung apakah ada pelaku lain yang diburu selain PL itu ? Sokib tidak berani mengatakannya. Sebab untuk mengetahui ada tidaknya pelaku lain, masih harus menunggu tertangkapnya keempat PL itu. “Nanti kalau keempat PL itu sudah ditangkap, akan diketahui apakah mengembang ke pelaku lain,” katanya. Seperti diketahui, PT MSS, Kamis (11/10) sore digerebek gabungan anggota Unit PPA Polres Malang Kota dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Penggerebekan tersebut dilakukan seiring dengan adanya dugaan pemalsuan identitas para calon TKI yang siap berangkat melalui jasa PT tersebut. Hasilnya, petugas menemukan sembilan calon TKI yang tidak memenuhi syarat. (agp/mar)