Kenal di Facebook, Pilih Kabur

MALANG– Achmad Yusuf Effendi, 20 tahun, warga Dusun Karangploko, Desa Dadaprejo, Junrejo, Kota Batu, sejak Rabu (17/10) lalu mendekam di ruang tahanan Polres Malang Kota. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai kuli bangunan ini ditangkap petugas unit PPA, dengan tuduhan melakukan persetubuhan terhadap Bunga  (nama samaran), 15 tahun, warga Jalan Pisang Candi Barat, Malang. Saat ditangkap, Yusuf, panggilannya sama sekali tidak melakukan perlawanan. Bahkan dia langsung menyerah dan pasrah saat petugas membawanya menuju Mapolres Malang Kota untuk proses penyidikan.
Hanya saja, kepada petugas Yusuf mengelak jika persetubuhan yang dilakukannya dengan Bunga ini karena ada paksaan. Sebaliknya, perbuatan layaknya dilakukan suami istri tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka. “Dia itu pacar saya. Kami berpacaran sejak enam bulan lalu,” ujar Yusuf.  Diceritakannya, jika dirinya mengenal Bunga sejak bulan Maret lalu, melalui Facebook. Perkenalan itu kemudian berlanjut seiring keduanya saling tertarik hingga kemudian mereka pacaran.  Hingga akhirnya, Minggu (14/10) lalu. Bunga meminta Yusuf  untuk menjemput. “Saya jemput tidak jauh dari rumahnya, saat itu Bunga keluar dengan menangis,’’ lanjutnya.
Awalnya, Yusuf sempat mengajak Bunga jalan-jalan. Namun begitu tidak lama, dia pun memilih membawa Bunga pulang ke rumahnya. Itu karena Bunga sendiri yang meminta untuk tidak diantar pulang. “Dia bercerita kalau kabur, dan tidak ingin pulang. Itu sebabnya, saya membawanya pulang,” terang dia. Di rumah Yusuf inilah kemudian hubungan layaknya suami istri tersebut terjadi. Kasus ini terungkap ketika keluarga Bunga, melapor ke polisi, Senin (16/10) lalu. “Dari laporan itulah kemudian kami melakukan penyelidikan, dengan meminta keterangan para saksi. Hasilnya ada saksi yang menunjukkan jika Bunga memang keluar dengan tersangka, dan saat itu juga tersangka kami tangkap,” tegas Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP James H Hutajulu. (ira/mar)