Dua Pencuri Motor Ditangkap

TAJINAN– Acungan jempol patut diberikan petugas Polsek Tajinan. Hanya selang tiga jam setelah mendapat laporan pencurian sepeda motor, mereka berhasil menangkap pelaku di rumahnya masing-masing. Tersangkanya, yakni Khoirul Masroi, 22 tahun, warga Dusun Jambu, Desa Pandanmulyo, Tajinan dan Muhammad Yudiono, 20 tahun, warga Dusun Ngembul, Desa Randugading, Tajinan. Petugas juga mengamankan dua unit motor, yakni sepeda motor Yamaha Vega N 2890 FL milik korban yang dicuri, serta sepeda motor Honda Grand DK 6261 BZ yang menjadi sarana pencurian.
Pencurian sepeda motor yang dilakukan kedua tersangka ini, terjadi Rabu (17/10) malam lalu sekitar pukul 18.30. Ceritanya, malam itu korban Sutiayah, 39 tahun, warga Dusun Mulyojati, Desa Jatisari, Tajinan sedang foto copy di toko Adam di Dusun Krajan, Desa Jatisari, Tajinan. Korban foto copy sendirian dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Vega miliknya.
Setiba di tempat foto copy, korban lalu memarkir motornya di pinggi jalan tanpa di kunci setir. Setelah itu Sutiayah lalu menuju ke toko untuk foto copy. “Saat ditinggal ke toko inilah, datang kedua tersangka dengan berboncengan sepeda motor,” ungkap Kapolsek Tajinan, Kompol Achmad Mulyadi. Keduanya yang melihat ada sepeda motor langsung merencanakan aksi pencurian. Tersangka Yudiono, bertugas mengalihkan perhatian korban dengan berpura-pura membeli bulpoin. Sedangkan tersangka Masroi, bertugas merusak kunci kontak motor dengan menggunakan kunci palsu.
Begitu kunci kontak motor berhasil dirusak, Yudiono yang semula membeli bulpoin lalu mendekati motor korban yang selanjutnya membawanya kabur. “Usai mencuri kami lalu kabur ke arah selatan dan janjian ketemuan di simpang tiga Jalan Raya Desa Tajinan. Kami lalu melepas nomor polisinya dan tukar sepeda motor. Setelah itu kami langsung pulang ke rumah masing-masing,” ujar Masroi.  Terungkapnya pencurian ini, setelah Sutiayah melaporkan hilangnya motor miliknya ke perangkat desa. Joko Mujiono, perangkat Desa Jatisari – Tajinan, yang mendengar lalu mendatangi TKP dan mencari informasi tentang pelakunya. Setelah ditanyakan kebeberapa warga, salah satu saksi ada yang mengenali bahwa pelakunya adalah Muhammad Yudiono. Itu juga diperkuat dengan salah satu sandal milik Yudiono yang tertukar dengan sandal milik warga di toko foto copy itu. (agp/mar)