Danrem : Luar Biasa dan Memalukan

Kasus Selingkuh Anggota Korem 083
MALANG– Danrem 083/Bhaladika Jaya, Kol Arm Mohammad Nakir berjanji memberikan sanksi tegas kepada anggotanya yang terlibat perselingkuhan yaitu Serka Winarno dan Serka Meta Novi Arini. Menurutnya, selain diproses secara internal, kasus yang cukup mencoreng nama baik institusi ini juga akan dibawa hingga ke Kodam V Brawijaya. “Kasus ini bukan lagi kasus biasa, tapi luar biasa dan sangat memalukan. Sehingga prosesnya pun tidak hanya pada internal atau Ankum (Atasan Yang Berhak Menghukum), tapi juga kami bawa ke tingkat atas (Kodam),’’ ucap pria dengan tiga melati di pundak ini.
Untuk proses tingkat atas, lanjut Nakir, sapaannya mengatakan bertahap. Saat ini tahapnya baru pemeriksaan secara internal yaitu pemeriksaan oleh penyidik (Provost). Semula yang terlibat dalam kasus ini baik korban maupun pelaku diperiksa, dan dimintai keterangan. Selanjutnya, setelah berkas pemeriksaan tahap awal selesai, berkas penyidikan pun dilimpahkan ke Denpom untuk kemudian diajukan ke Kodam. “Setelah prosesnya selesai di sini, berkasnya dilimpahkan ke Denpom V/3 Brawijaya, baru kemudian dinaikkan ke Kodam,” tambah pria ini.
Apakah keduanya bakal dipecat dari institusi, Nakir mengatakan belum tahu. Karena dalam menghentikan anggota, tetap melalui tahap peradilan. “Yang berhak memutuskan adalah Kodam, apakah mereka yang terlibat masih layak menjadi anggota TNI atau tidak. Atau ada sanksi lain, kami juga belum tahu. Tapi yang jelas kasus ini ditangangi secara profesinonal sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,” tandasnya.  Seperti yang diberitakan sebelumnya, Serka Winarno, menjadi bulan-bulanan warga Jalan Perusahaan RT 03 RW08, Dusun Losawi, Desa Tunjungtirto.  Warga memukul anggota Intel, Korem 083 hingga tidak sadarkan diri setelah terbongkar kasus perselingkuhan dengan Meta. (ira/mar)