Hindari Motor, Bus Seruduk Mikrolet

MALANG– Nasib malang, pagi kemarin menimpa Syai’i, 45 tahun, sopir angkot jalur Arjosari -  Dinoyo – Landungsari (ADL). Mikrolet N 1202 UB yang menjadi mata pencahariannya itu, ringsek setelah diseruduk bus pariwisata, N 7109 D yang dikemudikan Andi Haryanto, 40 tahun, warga Talangagung, Kepanjen dari belakang di Jalan Raya Landungsari. Syai’i yang tinggal di Desa Jetis, Dau itu juga selamat meski kondisi depan mikrolet juga ringsek setelah menabrak pohon. Namun akibat kejadian itu, pemilik mobil angkot mengalami kerugian sekitar Rp 80 juta.
“Pak Syai’i selamat karena begitu mengetahui mikrolet ditabrak dari belakang dan hendak menabrak pohon, dia langsung lompat keluar. Dia hanya syok,” ungkap Ny Hari Item, pemilik mikrolet ditemui di Unit Laka Lantas Polres Malang Kota.
Kecelakaan sendiri, kemarin terjadi sekitar pukul 07.30. Saat itu, Syai’i yang baru keluar dari Terminal Landungsari menepikan mikroletnya. Selain antre menunggu penumpang, Syaii juga hendak sarapan pagi.  Namun belum sempat membuka pintu, dari arah belakang muncul bus parisata yang membawa rombongan diklat PT Pindad ini, melaju kencang dari belakang. Bus tersebut tiba-tiba oleng ke kiri dan menabrak bagian belakang mikrolet yang dikemudikannya.
Saking kerasnya, mikrolet sampai terdorong lima meter dan menabrak pohon di pinggir jalan.
“Katanya bus itu banting setir ke kiri, karena menghindari sepeda motor. Dari pada menabrak pengendara sepeda motor, sopir bus memilih menabrak angkot saya itu,” tutur wanita berusia 36 tahun, warga Jalan Bareng Kulon VI Malang ini.
Andi Haryanto, sopir bus ini, mengatakan kalau bus yang dikemudikan itu tidak melaju kencang. Hanya saja dia terpaksa banting sopir ke kiri karena menghindari motor. “Tadi di sebelah kanan ada sepeda motor, jadinya saya banting ke kiri dan malah menabrak angkot,” ujarnya. Sementara itu, meski kasus kecelakaan itu sudah ditangani langsung oleh Unit Laka Polres Malang Kota, kedua pemilik kendaraan umum ini mengaku akan menyelesaikan secara kekeluargaan. (agp/mar)