Diapresiasi Mabes Polri, Kembali Pecahkan Rekor MURI

BERBAGAI program selama beberapa waktu telah dilaksanakan oleh Satlantas Polres Malang Kota dan berhasil membuahkan hasil manis.Diantaranya adalah  MCC (Makota Command Center) beserta berbagai program inovasi lainnya dalam Smart Police Service (SPS) yang  telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Kasat Lantas Polres Malang Kota AKP. Erwin Aras Genda., SH. S.I.K  memaparkan MCC (Makota Command Center) yang diciptakan  Kapolres Malang Kota AKBP Teddy Minahasa Putra merupakan  pusat informasi sekaligus medium penataan lalu-lintas di Kota Malang.
‘’Program ini  bertujuan mengontrol kinerja anggota sekaligus mengendalikan patrol polisi secara  efektif. Tidak hanya menekan angka kriminal, tapi program ini juga bisa membuat seluruh anggota kepolisian khususnya anggota Polres Malang Kota tidak lambat bekerja,’’ ungkapnya kepada Malang Post.
Ditambahkan bahwa program MCC dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Yaitu GPS yang dipasang di kendaraan dinas maupun non dinas (pribadi) anggota, termasuk dibekali dengan alat komunikasi HT.GPS yang terpasang ini terkoneksi dengan ruang kendali yang dilengkapi dengan screen/layar lengkap dengan Peta Kota Malang. Sehingga dimanapun anggota bergerak atau melakukan patrol, dapat langsung dipantau. Dengan demikian,  tidak akan ada lagi anggota yang berbohong. Apalagi, sanksi yang diberikan juga tegas. 
‘’Selain GPS, peralatan yang terkoneksi langsung dengan program MCC, adalah panic alarm atau Makota TED’S disingkat M-TED’S merupakan alat dilengkapi tombol darurat dan bisa mengirimkan signal berupa tanda darurat atau butuh bantuan Polisi. M-TED’S sendiri ada dua jenis, yaitu portable dan stasioner. Untuk M-TED’S Stasioner  telah  dipasang di berbagai kantor, kantor pegadaian, bank, pertokoan atau di kasir mall,’’ urainya.
Lebih lanjut, Erwin Aras Genda mengungkapkan  pihaknya  juga telah meluncurkan berbagai program diantaranya MGT, M-TEDS, GKTM, SIM keliling,  SIM delivery, Makota Bikers, Makota Skate Patrol, Smart Lantas, BPKB delivery,Samsat Delivery, Student Safety Riding dan sederet program lainnya.‘’Kami sangat bersyukur, MMC  yang merupakan satu-satunya di Indonesia telah mengundang apresiasi tersendiri dari Mabes Polri. Bapak Kapolri melalui Irwasum bahkan telah meminta jajaran  Polda se-Indonesia untuk melakukan studi banding dan mengadopsi keberadaan MMC ini,’’ ungkap Erwin Aras Genda.
Berbagai  kiprah dan gebrakan Satlantas Polres Malang Kota selama beberapa waktu terakhir juga telah berbuah manis.Berupa sederetan penghargaan tidak saja dari  Polda Jatim tetapi juga penghargaan berupa piagam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) atas prestasi launching program MCC, layanan SIM dan samsat selama 10 hari nonstop dari  Satlantas Polres Malang Kota mematahkan rekor sebelumnya dipegang Polrestabes Surabaya.Penghargaan rekor MURI tersebut diserahkan  Wakapolda Jatim Brigjend. Pol Eddy Sumantri kepada  Kapolres  Malang Kota AKBP Teddy Minahasa Putra pada 8 Juni lalu.
Kemudian, momen peringatan Hari Sumpah Pemuda pada hari Minggu 28 Oktober mendatang juga dijadikan Satlantas Polres Malang  untuk kembali mengukir prestasi. Yaitu  menggelar Kampanye Keselamatan Berlalulintas yang akan dihadiri 10  ribu peserta dari seluruh lapisan dan elemen masyarakat, di Jalan Ijen untuk memecahkan rekor MURI. ’’Prestasi memecahkan rekor MURI ini  kami persembahkan kepada seluruh masyarakat. Kami memang terus berinovasi dan selalu siap memberikan yang terbaik dan teristimewa untuk masyarakat di Kota Malang,’’ pungkasnya. (mar/sir)