Gelapkan Mobil Tetangga

WAJAK– Suwaji, 46 tahun, warga Desa Kidangbang, RT29 RW07, Wajak sejak kemarin mendekam di balik terali besi Mapolsek Wajak. Bapak tiga anak ini ditahan atas tuduhan penggelapan mobil Suzuki APV N 475 DY milik Sukarlan, 53 tahun, tetangganya. “Tersangka ini, kami tangkap di rumah istrinya di Desa Ngembal – Wajak. Dan sebagai barang bukti kejahatannya, kami mengamankan satu unit mobil APV warna biru metalik milik korban yang sudah digadaikan kepada orang lain,” ungkap Kapolsek Wajak, AKP Sardikan.
Menurutnya, penggelapan mobil terjadi pada 19 September lalu. Siang itu sekitar pukul 11.00, tersangka datang ke rumah korban yang berjarak sekitar 500 meter dari rumahnya. Kedatangan tersangka saat itu adalah untuk menyewa mobil milik korban.
Setelah disepekati harga sewanya sehari Rp 250.000, dan korban tidak curiga lantaran tetangga lalu menyerahkan mobil beserta STNK-nya kepada tersangka. Sedangkan uang sewa sendiri, oleh tersangka dijanjikan ketika mengembalikan mobil. Namun setelah ditunggu sampai empat hari, ternyata mobil tidak kunjung dikembalikan. Korban yang curiga lalu menghubungi nomor HP tersangka. Saat ditelpon, tersangka menjanjikan akan segera mengembalikan mobilnya.  “Usai ditelpon oleh korbannya, tersangka lalu mendatangi rumah korban dan ditemui istrinya. Saat itu tersangka hanya menyerahkan uang sewa saja selama empat hari sebesar Rp 1 juta. Tetapi dia tidak menyerahkan mobilnya,” terang Sardikan.
Setelah pembayaran uang sewa itu, tersangka sudah tidak bisa dihubungi lagi. Korban yang tambah curiga dengan keberadaan mobilnya, lalu mencari informasi. Ternyata mobil APV buatan tahun 2006 itu, sudah digadaikan oleh tersangka kepada warga Gondanglegi, sebesar Rp 15 juta.  Dari situlah akhirnya pada 9 Oktober lalu korban melaporkan penggelapan mobil tersebut ke petugas Polsek Wajak. Berdasarkan laporan itu, petugas lalu melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap Suwaji di rumah istrinya di Desa Ngembal, Wajak. (agp/mar)