Massa Hakimi ABG Pencuri

TUREN– Warga sekitar Jalan Raya Desa Tanggung, Turen, Minggu (21/10) malam mengamuk. Mereka beramai-ramai menghajar Sukardi alias Joko Setiawan, warga Dusun Tamban RT02 RW08, Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. ABG berusia 18 tahun tersebut, menjadi sansak hidup setelah tertangkap tangan mau mencuri uang di dalam kotak amal Masjid Siti Maimunah. Beruntung petugas Polsek Turen yang mendapat laporan segera datang ke lokasi untuk mengamankan tersangka. Selanjutnya bersama barang bukti dua kotak amal tersangka yang kondisinya babak belur ini langsung digelandang ke Mapolsek Turen.
“Selain barang bukti kotak amal tersebut, kami juga mengamankan satu buah HP. Menurut pengakuan tersangka, HP itu diakui dari hasil mencuri di rumah Supriadi, warga Sumbermanjing Wetan. Dia mencurinya, Kamis (18/10) ketika rumah korban kosong,” ungkap Kapolsek Turen, Kompol Agus Suryoso. Diterangkan dia, Sukardi cukup niat melakukan pencurian itu. Dia berangkat dari rumahnya dengan jalan kaki menuju lokasi. Setiba di lokasi, dengan bekal potongan bambu, tersangka masuk melalui jendela yang tak terkunci.
Begitu berada di dalam, tersangka lalu melakukan aksinya. Modusnya dengan memasukkan potongan bambu yang dijadikan alat untuk mengambil uang ke dalam lubang kotak amal. Dia lalu memutar potongan bambu tersebut untuk mendapatkan uang dalam kotak amal. Namun apes, belum sempat mendapatkan uang aksinya kepergok salah satu pengurus masjid yang lantas meneriakinya pencuri hingga mengundang warga sekitar.  Tersangka yang kalut setelah mengetahui aksinya ketahuan, dan tak ingin dihakimi warga berusaha menyelamatkan diri dengan bersembunyi di dalam kamar mandi masjid.
“Tahu kalau tersangka bersembunyi dalam kamar mandi, warga lalu menggedor pintu supaya tersangka keluar,” ungkap Agus. Tetapi karena ditunggu sampai 30 menit tidak mau keluar, warga lantas mendobrak pintu kamar mandi. Begitu pintu terbuka, warga langsung menangkap tersangka yang kemudian menghakiminya. “Saya dua kali ini mencuri. Pertama mencuri HP di rumah orang dan kedua tadi malam mencuri uang dalam kotak amal. Saya nekat mencuri karena kepepet butuh uang,” ujar Sukardi. (agp/mar)