Pasang Pin Terbanyak

MALANG– Satlantas Polres Malang Kota kembali memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Yakni pemasangan Pin Pelopor Keselamatan Terbanyak. Rencananya, kegiatan pemasangan pin ini akan  digelar pagi ini di area Car Free Day (CFD) Jalan Ijen. Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Erwin Aras Genda menjelaskan, ada 10.000 pin yang akan dipasangkan kepada warga yang hadir di CFD.  Erwin, sapaan akrabnya menyebutkan pemasangan pin tersebut tidak sekedar kegiatan Satlantas Polres Malang Kota untuk memecahkan Rekor MURI, namun kegiatan pemasangan pin tersebut merupakan simbol ajakan kepada masyarakat seluruh Kota Malang agar menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.
“Itu sebabnya, kalimat awal yang tertulis pada pin adalah Saya Pelopor. Sehingga yang memasang pin tersebut wajib menjadi pelopor keselamatan berlalulintas atau berkendara di jalan raya, dan mematuhi seluruh peraturan seseuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan raya,” tambah bapak dua anak ini. Itu sebabnya, pemasangan pin yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, akan dibacakan ikrar sumpah pemuda yang akan dibacakan perwakilan dari KNPI.
Erwin juga menyebutkan, jika kegiatan yang digelar tersebut adalah salah satu kegiatan untuk menekan angka kecelakaan. Menurut Erwin, kasus kecelakaan adalah mesin pembunuh nomor tiga di dunia setelah HIV dan Jantung. Dan Kota Malang sendiri memiliki angka tertinggi kasus kecelakaan, di jajaran Polda Jatim. “Untuk Jawa Timur, sesuai data di Polda Jatim ada 48 orang meninggal sia-sia di jalan raya karena kecelakaan. Maka dari itulah program pelopor keselamatan ini terus didengungkan. Kasus kecelakaan bukan lagi hanya tanggung jawab polisi, tapi juga tanggung jawab seluruh masyarakat. Itu sebabnya, marilah kita bersama-sama untuk menekan angka kecelakaan,” terang dia. Terkait kegiatan pemasangan pin itu, Satlantas Polres Malang Kota juga menghadirkan dua artis ibukota yaitu Aura Kasih dan Uut Permatasari. Keduanya akan menghibur sekaligus ikut membagikan doorprize yang disediakan panitia. (ira/mar)