Rumah Dibobol, Rp 6 Juta Lenyap

BLIMBING – Sebuah rumah di Jalan Polowijen Gg II Malang, Senin (29/10) siang lalu disatroni kawanan pencuri. Pelaku yang diduga lebih satu orang ini membawa kabur uang Rp 6 juta serta perhiasan emas milik  Dewi Susilowati, 26 tahun, warga setempat. Yang menarik, aksi pencurian itu terjadi saat kondisi rumah tidak kosong. Sebaliknya ada Mohammad Gozali, 50 tahun, ayah korban di dalam rumah yang dikontrak sejak dua tahun lalu. “Ada saya di dalam rumah, tapi saat itu saya tidur tidak tahu kalau ada orang masuk,” kata Gozali.
Informasi yang dihimpun, pencurian itu terjadi antara pukul 13.30-14.00. Saat itu Dewi yang bekerja di salah satu event organizer (EO) berangkat pukul 13.30. Seperti biasa, Dewi selalu mengunci pintu rumahnya dari luar, itu karena Gozali yang ada di dalam rumah memiliki kunci sendiri yang diletakkan di atas meja ruang tamu.  Saat Dewi pergi, Gozali sendiri saat itu sedang tidur di kamarnya, dan baru bangun pukul 14.00. Saat bangun Gozali langsung keluar kamar, dan untuk menuju dapur. Saat itulah Gozali melihat laci meja di kamar anaknya yang bersebelahan dengan kamarnya kondisinya terbuka dan berantakan.  Kondisi tersebut tidak membuat Gozali curiga, justri pria ini menduga jika laci tersebut sengaja dibuka paksa oleh anaknya karena kuncinya hilang. Itu sebabnya, Gozali pun tidak memberitahukan kepada siapapun.
Hingga akhirnya Jumi. istri Gozali datang pukul 16.00. Melihat kondisi kamar anaknya yang berantakan Jumi pun langsung bertanya kepada suaminya. Tapi begitu, Gozali langsung menjawab jika laci tersebut dibuka paksa oleh Dewi karena kuncinya hilang. Jumi pun bercaya.
Tapi begitu, Gozali kemudian merasa curiga, seiring dengan anaknya yang tidak kunjung pulang. Malam itu sekitar pukul 20.00 Gozali pun menelpon Dewi, dan menanyakan terkait kondisi laci tersebut. Dan alangkah kagetnya Gozali saat Dewi mengatakan jika dirinya tidak
Gozali baru merasa curiga malam harinya. Itu setelah Dewi tidak kunjung pulang. Dengan perasaan was-was, Gozali pun menghubungi anaknya. “Saya telepon sambil menanyakan apakah dia membuka paksa laci lemarinya,’’ kata Gozali. Dan alangkah kagetnya Gozali begitu Dewi mengatakan tidak. Seketika itu juga Gozali pun meminta anaknya pulang, dan mengecek barang-barang miliknya. (ira/mar)