DPO Maling Diringkus

WAJAK – Setelah setahun namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), Andi Cahyono alias Gondik, Selasa (30/10) malam lalu akhirnya berhasil diringkus petugas Buser Polres Malang. Warga Dusun Patuk, Desa Sukolilo – Wajak ini ditangkap terkait pencurian ayam petelur milik Jazuli, 42 tahun, warga Dusun Krajan, Desa Kasri – Bululawang.
Pemuda 24 tahun tersebut, dibekuk di rumahnya setelah petugas mendapat informasi keberadaannya. Dengan tertangkapnya Gondik ini, berarti dari dua pelakunya sudah tertangkap semuanya. Sebelumnya petugas menangkap temannya yakni Yudi alias Dobleh, warga Desa Sukoanyar –Wajak. Dobleh ditangkap saat kejadian pada 30 September 2011 lalu. Bahkan, dia sempat dijadikan bulan-bulanan warga.
“Selama ini saya tidak sembunyi kemana-mana. Saat Dobleh ditangkap ketika ketahuan mencuri itu, saya langsung pulang dan bersembunyi di dalam rumah,” ungkap Andi Cahyono alias Gondik kepada Malang Post.
Menurutnya, aksi pencurian bersama Dobleh tersebut dilakukannya dua kali. Pencurian pertama terjadi pada pertengahan Mei 2011. Saat itu dirinya dan Dobleh berhasil mengambil 25 ekor ayam petelur di dalam kandang milik korban. Ayam tersebut sebagian dijual per-ekornya sebesar Rp 15 Ribu, sedangkan sebagian lagi dimakan sendiri.
“Uang hasil bagian pencurian pertama itu, habis saya gunakan untuk membeli rokok dan makan,” ujar Gondik. Mungkin karena aksinya yang pertama berjalan mulus, kemudian empat bulan kemudian (30 September 2011), Gondik dan Dobleh mengulangi aksinya untuk kali keduanya.
Sebelum beraksi keduanya bertemu di rumah Dobleh. Selanjutnya sekitar pukul 00.00 dengan jalan kaki, keduanya menuju ke kandang milik korban. Setiba di kandang, mereka langsung beraksi mencuri.
Namun baru berhasil mengambil lima ekor ayam, aksinya ketahuan penjaga kandang yang lantas meneriaki maling. Warga sekitar yang mendengar lantas melakukan pengejaran. Hasilnya saat itu Dobleh berhasil ditangkap yang kemudian digebuki ramai-ramai sebelum diserahkan ke polisi. Sedangkan Gondik berhasil lolos dari kepungan warga. Gondik sendiri, baru berhasil ditangkap Selasa malam lalu ketika pulang ke rumahnya.(agp/eno)