Lagi, Pembobol Kotak Amal Dimassa

KASEMBON– Maling kotak amal dalam masjid kembali menjadi bulan-bulanan warga. Setelah di Sawojajar, pagi kemarin giliran warga sekitar Desa/Kecamatan Kasembon yang ngamuk. Warga meluapkan emosinya dengan menghajar Dani Alex Efendi, 19 tahun, warga Dusun Karangan, RT02 RW04, Desa Donowarih, Karangploso setelah tertangkap tangan mencuri uang dalam kotak amal di Masjid Darussalam. Begitu kondisinya babak belur, bersama barang bukti uang Rp 51.000, satu buah obeng, serta dua buah kotak amal yang dirusak, dia diserahkan ke anggota Mapolsek Kasembon.  
Pencurian tersebut, terjadi sekitar pukul 08.00. Pagi itu itu, seorang diri tersangka berangkat dari rumahnya menuju ke Desa/Kecamatan Kasembon. Tujuannya untuk mencari sasaran aksi kejahatannya. Setelah keliling mencari sasaran, akhirnya tersangka singgah di Masjid Darussalam. Mulanya, tersangka hanya duduk-duduk saja di teras masjid. Namun setelah mengawasi kondisi sekitar aman dan tidak ada yang mengamati, tersangka lalu menyelinap masuk ke dalam. Dengan bekal sebuah obeng yang dibawa dari rumahnya, dia lalu membuka paksa dua kotak amal.
Setelah berhasil dibuka, tersangka lalu mengambil semua uang sebesar Rp 51.000 yang selanjutnya buru-buru kabur. Saat keluar tergesa-gesa dari masjid ini, ada salah satu takmir memergokinya. Apalagi setelah dilihat, dua kotak amal terbuka, takmir ini lantas mengejar Dani sembari meneriaki maling. Warga sekitar yang mendengar teriakan itu, ikut mengejar. Begitu tertangkap, tersangka langsung dipukuli ramai-ramai. Baru setelah kondisinya babak belur, tersangka lalu diserahkan ke Polsek Kasembon.  “Dari pemeriksaan, tersangka ini ternyata sudah empat kali mencuri sepeda motor. Dua kali di wilayah Pujon, sekali di Jombang dan sekali lagi di wilayah Gresik,” ujar Kapolsek Kasembon, AKP Suyoto. (agp/mar)