Pelajar SMK Raib di Gunung Welirang

PASURUAN- Seorang pendaki asal Jalan Pagesangan 4 A3 Jambangan Surabaya hilang di Gunung Welirang. Korban yakni Aji Kusuma Faqiudin atau akrab dipanggil Fafa, 16 tahun, pelajar kelas 2 SMK 3 Surabaya. Pemandu wisata Tahura Raden Soerjo Malang, Hadi Khoirul mengatakan, korban bersama rombongan pertama kali naik ke Gunung Welirang, Jumat (16/11) sekitar pukul 17.00 melalui pintu pendakian jalur utara Prigen. "Korban bersama rombongannya berjumlah tujuh temannya lalu menginap di Kokopan pukul 19.30," katanya. Selanjutnya, keesokan harinya, tiga pendaki dari rombongan tersebut memilih turun dan pergi ke Surabaya lantaran ada keperluan. Sementara dua pendaki memilih bertahan di Kokopan.
"Fafa bersama temannya Abdul Aris, 17 tahun, pelajar SMA 10 Surabaya memutuskan naik ke Gunung Welirang,” sambungnya. Begitu mendekati puncak Gunung Welirang, Fafa kemudian memutuskan istirahat karena kecapekan. Sementara Abdul Aris memilih melanjutkan pendakian ke puncak gunung bersama para pendaki lain dari Pacet, Mojokerto. "Setelah di puncak Gunung Welirang, Abdul Aris lalu turun karena di puncak hujan. Dia lantas mencari Fafa karena korban tidak ada di tempatnya semula," jelas Hadi. Abdul Aris pun lantas memutuskan turun ke Pos Kokopan, untuk mencari tahu keberadaan korban kepada dua temannya yang masih tinggal di pos tersebut.
"Begitu dicari tak kunjung ditemukan, Minggu (18/11) siang teman-temannya laporan ke Pos Ijin Pendakian di Prigen, Pasuruan,” papar pria ini. Sementara itu, Tim Search and Rescue (SAR) Mahameru, Malang kemarin langsung melakukan pendakian ke Gunung Welirang untuk mencari keberadaan Fafa. Koordinator SAR Mahameru Malang, Andy Susetyo menuturkan, pihaknya telah mengirimkan satu tim berjumlah tujuh orang ke Gunung Welirang untuk mencari Fafa. "Satu tim saat ini tengah melakukan pencarian di kawasan puncak gunung," ungkapnya kemarin.
Tak hanya itu, lanjut Andy, panggilan akrabnya, tim kedua juga telah menyusul tim pertama untuk melakukan pencarian. "Tim yang kedua telah menyusul naik gunung pukul 14.30 tadi (kemarin). Hanya saja, pencarian tim kedua akan difokuskan di kawasan yang mengarah ke Gunung Limas," terangnya. (bj/mar)