Copet Terminal Gadang Diringkus

SUKUN– Copet yang kerap beraksi di areal parkir mikrolet terminal Gadang diringkus anggota reskrim Polsekta Sukun. Yakni Ali Mochtar Effendi, 30 tahun, warga Jalan Istikhomah RT01 RW01, Tlogowaru Malang. Ali ditangkap sesaat setelah mengambil dompet serta HP milik Mohammad Mahfud, 16 tahun, warga Dukuh Bulak Banteng Sekolahan, Kota Surabaya, Jumat (23/11) sore lalu. Sebagai barang bukti, petugas juga mengamankan dompet serta HP merek Hitec milik korban yang sempat diambil oleh Ali. Kapolsekta Sukun, AKP Lukman Cahyono mengungkapkan pencurian ini terjadi saat Mahfud sedang berada di areal parkir mikrolet terminal Gadang. Saat itu Mahfud yang berjalan sendirian sedang mencari angkutan yang akan ditumpangi menuju Stasiun Kota Baru.
Saat sedang mencari inilah, tersangka  membuntuti korban, selanjutnya dengan sangat cepat mengambil dompet serta HP milik korban.  “HP serta dompet diambil tersangka dari dalam tas canklong yang dibawa korban,’’ terang Lukman sembari mengatakan tersangka memasukkan tangannya ke dalam tas korban sebanyak dua kali, pertama untuk mengambil HP dan kedua mengambil dompet. Mungkin karena terlalu keras, aksi mengambil dompet yang dilakukan Ali mengundang kecurigaan Mahfud, yang seketika melihat ke belakang. Dan seketika itu juga Mahfud menuduh Ali copet, terlebih saat itu Mahfud melihat tangan kanan Ali memegang dompetnya.
Tidak hanya kaget, mendapat tuduhan tersebut Ali pun langsung kabur. Selanjutnya Mahfud mengejar sambil terus meneriaki tersangka maling. Teriakan itu juga didengar warga dan para pengemudi angkutan, sehingga mereka ikut melakukan pengejaran. Hasilnya sekitar 150 meter dari TKP, Ali berhasil ditangkap. Beberapa warga sempat memberikan bogem mentah kepada Ali. Beruntung saat itu ada anggota unit lalulintas Polsekta Sukun cepat datang sehingga tersangka pun cepat diamankan. (ira/mar)