Tertipu Tokek Rp 5 Juta

MALANG– Dedy Sulistyo, 37 tahun, warga Jalan Candi Bajang Ratu I Malang, akhir pekan kemarin mengadukan Andy Prasetyo, warga Jalan Kolonel Sugiono III A Malang ke Polres Malang Kota. Tuduhannya, Andy telah melakukan tindak penipuan, hingga dirinya mengalami kerugian Rp 5 juta.  Kepada petugas, Dedy menceritakan ihwal penipuan itu terjadi berawal Kamis (15/11) lalu, dia mendapat telepon dari Amir, temannya. Dalam pembicaraan telepon, Amir mengenalkan Andy kepada korban. Dia mengatakan jika Andy memiliki binatang tokek langka, karena panjangnya mencapai 51  centimeter.
Saat itu Dedy langsung tertarik, dan berniat membeli binatang tersebut, seiring dengan Andy memang berniat menjualnya. Entah karena langkah atau hanya akal-akalan saja, yang jelas kepada petugas Dedy mengatakan jika tokek itu kali pertama ditawarkan dengan harga Rp 10 miliar. Meskipun sangat mahal dan tidak masuk akal, faktanya Dedy tetap tertarik. Dan kepada Andy, Dedy mengaku siap untuk membeli.
Uang tanda jadi pun langsung dibayar Dedy melalui transfer via ATM Bank BRI Jalan Borobudur Minggu (18/11) lalu Rp 5 juta. Harapannya dengan adanya uang tanda jadi tersebut, tokek sepanjang 51 centimeter menjadi miliknya. Terlebih saat itu Andy juga mengatakan akan langsung datang ke rumah korban untuk menyerahkan tokek tersebut dua hari kemudian berikut mengambil uang sisa pembayaran tokek.  Namun begitu, janji tinggal janji, Dedy tidak pernah datang menyerahkan tokek tersebut kepada Dedy. Bahkan hingga Sabtu (Sabtu (24/11) Andy juga tidak kunjung datang untuk menyerahkan binatang tersebut. (ira/mar)