Titik Terang Pemilik Moge

KEPANJEN– Siapa pemilik delapan unit motor gede (moge), yang berhasil diamankan Polres Malang, 12 Nopember 2012 lalu, sudah mulai ada titik terang. Pemilik motor yang terdiri dari tiga unit motor Honda 750 cc, dua unit motor BMW 750 cc, satu unit Ducati 750 cc, dan dua unit Harley Davidson, diketahui milik seorang warga Jakarta. Sayangnya siapa dia, Kasatreskrim Polres Malang, AKP Decky Hermansyah enggan memberikan keterangan. Dia beralasan, pemilik motor mewah ini masih dalam penyelidikan. “Yang pasti dalam waktu dekat, dia dipanggil untuk dimintai keterangan,” paparnya. Menurut mantan Kasatreskrim Polres Malang Kota ini, identitas pemiliknya didapat dari hasil pemeriksaan terhadap Deni, warga Semarang yang membuka usaha ekspedisi. DN sendiri sudah diperiksa penyidik Satreskrim Polres Malang, Selasa (4/12) lalu. Dalam keterangannya, moge yang ternyata dibeli dari Singapura itu, dikirim melalui paket ekspedisi dan turun di Surabaya.
“Pengiriman dari Singapura ke Surabaya itu, ada dokumen yang bentuknya hanya stepping. Sedangkan untuk dokumen resminya, kami masih harus menunggu pemeriksaan pemiliknya,” ujar Decky, sapaan akrabnya. Dari Surabaya itu, DN kemudian menyuruh RD, warga Sidoarjo (pemilik jasa pengiriman lokal) untuk mengeluarkan barang dari Surabaya. “RD juga itulah yang mengurus pengeluaran barang dari Surabaya,” tuturnya. Lantas kenapa sampai berada di Malang ? Mantan Kasatreskrim Polres Batu ini, menjelaskan dari hasil pemeriksaan DN, bahwa moge itu sengaja akan disembunyikan oleh RD ke wilayah Malang. Itu karena RD meminta biaya pengiriman lebih mahal dari yang disepakati.
“RD minta biaya pengiriman Rp 400 juta. Padahal kesepakatan pertama hanya Rp 100 juta dan sudah ditransfer oleh DN. Mungkin karena masih kurang itulah, akhirnya oleh RD moge itu dibawa ke Malang. Dan sebelum dititipkan ke temannya sudah lebih dulu kami amankan,” jelasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, Polres Malang mengamankan delapan unit moge tanpa dokumen, dari di Jalan Raya Karangpandan, Pakisaji. Motor-motor tersebut terdiri dari tiga unit motor Honda 750 cc, dua unit motor BMW 750 cc, satu unit Ducati 750 cc, dan dua unit Harley Davidson. (agp/mar)