Mahasiswa PTS Bobol Indomaret

TAHAN : Roswel Weldus Nauw di Polsekta Sukun.
SUKUN– Dua kali mencuri di Indomaret, Roswel Weldus Nauw, 28 tahun, kos di Jalan MT Haryono Gg 17 Malang, Minggu (16/12) sore ditangkap anggota reskrim Polsekta Sukun. Mahasiswa semester V salah satu PTS di Malang itu, ditangkap di Jalan Kawi saat sedang nongkrong. Sayang, dalam penangkapan tersebut petugas tidak berhasil mengamankan barang hasil curian, lantaran semuanya habis dimakan. Sebaliknya, sebagai barang bukti petugas mengamankan pisau (badik) dan kaos warna putih, yang dikenakan tersangka saat melakukan pencurian.
Menurut Kapolsekta Sukun, AKP Lukman Cahyono, dua benda yang diamankan tersebut sangat berhubungan dalam kasus pencurian  tersebut. “Pisau sempat dipakai tersangka mengancam petugas kasir yang kala itu memergokinya mencuri, sedangkan kaos yang kami amankan juga saat itu dipakai tersangka mencuri,” kata Lukman. Dijelaskan dia, pencurian itu sendiri kali pertama terjadi di pertokoan Indomaret Jalan Bukit Dieng, Sabtu 28 September lalu. Saat itu tersangka mencuri beberapa botol bir, body spray, dan penghilang bau badan. Modusnya, Weldus datang bersama Michael, temannya. Sementara dia menuju rak penjualan barang, Michael justru mempengaruhi kasir dengan  mengajak ngobrol.
Baru setelah barang yang dicuri aman, keduanya pun keluar. “Kedua pencurian terjadi di Indomaret Jalan Bukit Barisan. Dan saat itu tersangka sempat mengambil satu botol bir,’’ kata Lukman. Bedanya, dalam aksi kedua yang terjadi Jumat (7/12) lalu, aksi Weldus ini sempat terekam CCTV yang ada di pertokoan tersebut. Hingga akhirnya, petugas kasir pun , mengejarnya. Tapi saya petugas kasir tersebut seketika balik kanan, lantaran melihat tersangka mengeluarkan badik dari balik bajunya, dan dihunuskan kepada kasir. Namun begitu, petugas kasir ini langsung melapor ke Polsekta Sukun setelah melihat tersangka betul-betul pergi.
“Dari laporan itulah kemudian kami melakukan penyelidikan, termasuk melihat rekaman CCTV yang ada di dalam pertokoan Indomaret. Dan dari rekaman itu kami melihat aksi tersangka,’’ kata pria dengan tiga balok di pundak ini. Selanjutnya, petugas mencari identitas tersangka. Saat ditangkap, Roswel sempat melakukan perlawanan dengan menghunuskan pisau. Tapi begitu, dia kemudian berusaha kabur saat melihat yang akan menangkapnya adalah anggota polisi,’’ kata Cahyono. (ira/mar)