Lihat Laptop Nganggur, Mendadak Maling

Mustakim, Abdul Hamid dan Trio Adi Winata
LOWOKWARU – Tiga pencuri tas berisi laptop milik Nila Puspitasari 20 tahun warga Jalan Baiduri Tlogomas, Selasa (18/12) malam lalu babak belur dihajar massa. Aksi pencurian ketiganya di Jalan Bendungan Sutami  kepergok warga. Mereka adalah Mustakim warga Jalan Muharto Gg VB Kedungkandang, Abdul Hamid warga Perum Graha Asri Kedungkandang dan Trio Adi Winata warga Jalan Kebalen Wetan Gg I Kedungkandang.
Sebagai barang bukti, petugas mengamankan satu tas berisi laptop merek Acer milik Nila.
Mustaqim menceritakan, jika malam itu dia bersama dua temannya berniat jalan-jalan naik motor Yamaha Mio. Berboncengan tiga, mereka  memutari Kota Malang hingga akhirnya, Mustaqim melintas di Jalan Bendungan Sutami.
Tiba-tiba Mustaqim menghentikan laju motornya setelah melihat tas di salah satu motor yang diparkir di depan warung makan. Tanpa berpikir panjang, Mustaqim menyuruh Abdul turun untuk mengambil tas tersebut. Tanpa basa-basi, Abdul yang posisinya paling belakang langsung turun, dan mengambil tas berisi laptop.
Saat proses memberikan tas inilah, teman Nila mengetahui dan langsung mengejar pelaku. Menariknya, saat dikejar ketiga tersangka ini bukannya takut dan menyerah, sebaliknya ketiganya secara bergantian berteriak maling, sehingga teriakan tersebut mengundang warga. “Saksi langsung memegang tubuh Abdul yang saat itu duduk paling belakang. Dan Abdul mencari perlindungan dengan memegang tubuh Trio, selanjutnya Trio juga memegang tubuh Mustaqim. Hingga akhirnya tersangka jatuh,’’ kata Kapolsekta Lowokwaru AKP Bayu Indra Wiguno.
Tapi begitu jatuh, warga yang berdatangan bukannya menangkap ketiga pelaku, sebaliknya sempat memberikan bogem mentah kepada saksi. Itu karena warga terprovokasi oleh teriakan ke tiga tersangka. Tapi tak lama kemudian, warga justru menghajar ketiga tersangka ini setelah mengetahui jika ketiganya yang mencuri tas. Bukan itu saja, bersama dengan barang bukti tas, warga juga menyerahkan ketiga tersangka ini kepada anggota Polsekta Lowokwaru, yang malam itu langsung datang setelah mendapatkan laporan.(ira/eno)