Terbelit Utang, Motor Teman Digadaikan

SINGOSARI – Berdalih terbelit utang, Evi Rusmaisari warga Jalan Teluk Cenderawasih, Gang 11/3A, Kelurahan Balearjosari, Blimbing nekad menggadaikan motor temannya. Tidak hanya satu, Evi menggadaikan dua motor sekaligus, yakni Mio Soul N 5501 JU milik Asminah, warga Desa Banjararum Singosari dan motor Honda Beat M 5866 CF milik Imelda, 36 tahun, warga Klampok Kasri, Klojen, Kota Malang.
Sebagai ganjarannya, sejak Selasa (25/12) sore lalu Evi pun harus meringkuk di sel tahanan Polsek Singosari, lantaran kedua pemilik motor tersebut memilih menyelesaikan kasus ini sesuai prosedur hukum. “Setelah kami amankan, berkas dan tersangka langsung kami limpahkan unit PPA Polres Malang,” terang  Kapolsek Singosari AKP Arif Eko Prasetyo kepada Malang Post kemarin.
Terkait dengan penggelapan motor tersebut, Kapolsek menjelaskan jika antara tersangka dan kedua korbannya saling mengenal. Awalnya, Evi lebih dulu menghubungi Asminah, untuk meminjam sewa motor dengan alasan motor miliknya sedang di bengkel untuk diperbaiki. Asminah pun setuju apalagi saat itu Evi menyebutkan harga sewa motor perharinya Rp 40 Ribu. “Awalnya tersangka membayar, hingga hari kedua tersangka juga membayar. Tapi menginjak hari ketiga dan seterusnya  tersangka tidak lagi membayar sewa, dan tidak melihatkan batang hidungnya,’’ kata Kapolsek.
Tak pelak, Asminah pun mulai kelimpungan. Terlebih hingga 10 hari motornya juga tidak kunjung dikembalikan. Asminah pun mencari tersangka, hingga ke rumahnya. “Saat bertemu tersangka selalu berjanji saja, tapi tidak dikembalikan,’’ kata Kapolsek lagi.
Lantaran tidak kunjung dikembalikan itulah akhirnya Asmina mencari sendiri motornya. Hasilnya dia pun tahu jika motornya telah digadaikan tersangka di daerah Wagir. Dan mengetahui motornya digadaikan, Asminah memilih melapor ke Polsek Singosari.
Sementara itu kepada petugas, Evi mengaku jika dirinya telah menggadaikan motor tersebut ke Wagir dengan harga Rp 2.5 Juta.
“Saya bingung Pak, mencari uang untuk membayar hutang,’’ katanya. Bukan itu saja, kepada petugas Evi juga mengaku jika dirinya juga pernah menggadaikan motor Honda Beat milik Imelda warga Klojen.(ira/eno)