Warga Temas Dimassa

MALANG – Suliono, warga Kelurahan Temas, Kota Batu, sejak Rabu pagi lalu harus mendekam di bali terali besi Mapolsek Tirtoyudo. Dia dijebloskan ke dalam tahanan setelah tertangkap tangan hendak mencuri di rumah Hans Luther, 40 tahun warga sekitar. Bahkan, sebelum diserahkan ke polisi, pria 36 tahun tersebut sempat menjadi bulan-bulanan warga.
“Ketika kami amankan, kondisi tersangka ini sudah babak belur setelah dihajar warga. Namun untungnya, dia segera kami amankan. Sebab kalau kami terlambat beberapa menit, mungkin kondisi tersangka ini sudah lain lagi,” ungkap Kapolsek Tirtoyudo, AKP Kamsidi.
Mantan Kapolsek Dampit ini menerangkan, aksi pencurian yang dilakukan Suliono ini, terjadi sekitar pukul 07.30. Sebelum beraksi mencuri, sejak pagi Suliono sudah berada di sekitar lokasi. “Tujuan keberadaan tersangka di tempat itu sebenarnya mau mengunjungi rumah kerabatnya,” ujar Kamsidi.
Namun sebelum menuju rumah saudaranya, saat melintas di depan rumah korban, tersangka ini melihat korban Hans Luther dan keluarganya mau keluar rumah. Saat itu korban dan keluarganya, hendak pergi ke Gereja.  Melihat hal itu, Suliono langsung muncul ide untuk mencuri di rumah Hans. Dia terlebih dahulu bersembunyi disemak-semak kebun kopi, menunggu korban keluar. Begitu korban dan keluarganya sudah pergi jauh, tersangka lantas melancarkan aksinya. Dia masuk ke dalam rumah dengan mencongkel jendela depan.
Namun apesnya belum sempat mengambil uang, aksinya dipergoki oleh salah satu warga yang kemudian memberitahukan pada warga lainnya. Selanjutnya yang sudah berkumpul langsung mengepung dan menyuruh tersangka untuk keluar dan menyerah. Tetapi Suliono, yang tak ingin ditangkap dan digebuki berusaha kabur lewat pintu belakang menuju bukit. Warga yang mengetahui hal itu langsung mengejarnya. Hasilnya, saat tersangka tersesat di jalan buntu warga langsung menangkap yang kemudian memukulinya ramai-ramai sebelum akhirnya diserahkan ke petugas Polsek Tirtoyudo. (agp/mar)