Pemuda Bumiaji, Residivis Kasus Curanmor

DIKETAHUI : Pencuri motor yang tewas ternyata residivis curanmor.
Pencuri Motor Tewas
MALANG – Siapa identitas pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang tewas dihajar warga di Dusun Rekesan, Desa Jambuwer, Kromengan, Rabu (26/12) sore akhirnya terkuak. Identitas pelaku diketahui bernama Juri, 26 tahun, warga Dusun Jurang Kuali, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sedangkan satu pelaku lainnya yang berhasil lolos dari kejaran warga, hingga kemarin masih misterius. Petugas gabungan Polsek Kromengan dan Polres Malang, masih memburu teman Juri, yang kini menjadi buronan itu. “Untuk pelaku yang kabur, kami masih menyelidiki keberadaannya. Beberapa saksi masih kami mintai keterangan, untuk mendapatkan ciri-ciri pelakunya,” ungkap Kapolsek Kromengan, AKP Mujianta. Terungkapnya identitas Juri sendiri, bermula dari selembar kertas yang ditemukan di pakaian miliknya. Di kertas tersebut, tertulis nama Juri dengan alamat Dadapan Kulon, Desa Bendosari, Pujon. Dari data tersebut, Kabag Ops Polres Malang, Kompol Imam Rofik menghubungi Polsek Pujon untuk ikut melakukan pelacakan.
“Ketika mendapat informasi itu, saya langsung melacaknya. Dan benar Juri dulunya memang pernah tinggal di Desa Bendosari, Pujon, setelah menikah dengan wanita di desa tersebut,” ujar Kapolsek Pujon, AKP Lisnaryadi. Namun, usia pernikahan Juri tidak berlangsung lama. Dua tahun setelah menikah, Juri bercerai dan kembali ke kampung halamannya di Bumiaji. Selanjutnya untuk melacak tempat tinggal Juri, petugas menghubungi Polsek Bumiaji.
Begitu benar dan memang diketahui Juri berdomisi di Bumiaji, pihak keluarga lantas diminta untuk memastikan kebenarannya dengan mengecek jenazah korban di kamar mayat RSSA Malang, dini hari kemarin. Di kamar jenazah, keluarga meyakini tubuh pria penuh luka tersebut adalah Juri.
Yang menarik, Juri merupakan residivis kasus curanmor. “Pada 2005 lalu, dia pernah ditangkap karena kasus pencurian motor di wilayah Ngantang,” tambahnya. Seperti diketahui, satu dari dua pelaku pencurian motor di tewas mengenaskan di Dusun Rekesan Desa Jambuwer Kromengan Rabu sore lalu. Pelaku tewas usai dihajar warga setelah kepergok mencuri sepeda motor Honda Supra X 125 AG 2138 LL milik Nanda Joko Septaria 18 tahun asal Dusun Turusrejo RT01 RW03 Desa Resapombo, Kecamatan Doho, Blitar, yang parkir di areal kolam pancing Lahor Dusun Rekesan. Sedangkan pelaku lain yang berperawakan kecil berhasil melarikan diri dari kejaran warga. (agp/mar)