Perampas Motor Dibekuk

TERTANGKAP : Dua perampas motor yang juga jambret dibekuk TCC Polres Malang
Ngaku Juga Menjambret
MALANG– Dua penjahat jalanan yang selama ini malang melintang di wilayah Kota Malang, akhirnya berhasil dibekuk Tim Crime Cruiser (TCC) Polres Malang Kota, Rabu (26/12) lalu. Yakni Dedi Haryanto alias Yayan, 23 tahun, warga Jalan Sukapura RT02 RW03 Malang dan pasangannya, Wahyu Setiawan, 22 tahun, warga Jalan Madyopuro Gg VI Malang. Keduanya ditangkap di rumahnya masing-masing, setelah polisi mendapat laporan tentang perampasan motor Honda Kharisma, N 6655 BB di Jalan Bunga Leli, Rabu (12/12) lalu. Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan mengungkapkan, modus yang mereka lakukan dengan cara membuntuti calon korbannya yang mengendarai motor sendirian.
Setelah berada di tempat sepi, dua tersangka itu memepet dan meminta berhenti. “Selanjutnya, mengacungkan celurit dan merampas motor milik korban ini,” ungkapnya. Menurut dia, setelah korbannya ketakutan, mereka pun lenggang kangkung membawa motor yang dirampas. Sayangnya, Dwiko, panggilannya enggan memberikan siapa nama korban perampasan motor tersebut. “Dari laporan perampasan itu, anggota TCC Polres Malang Kota langsung melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi. Hasil dari pemeriksaan saksi itu, diketahui ciri-ciri pelakunya yang kemudian dilakukan penangkapan,” paparnya.
Dalam pengembangan penyidikan, diketahui jika keduanya juga melakukan aksi penjambretan di tiga lokasi berbeda. Seperti menjambret tas berisi BlackBerry dan uang Rp 100.000 di Jalan Ciliwung Malang, pertengahan Nopember 2012 lalu. Kemudian pertengahan Oktober 2012, menjambret HP Cross di Jalan Raya Sawojajar Malang dan terakhir menjambret HP Nexian pada pertengahan Nopember 2012 lalu di dekat SMK Telkom Sawojajar Malang.
“HP hasil menjambret tersebut, diakui mereka sudah dijual semuanya kepada seseorang. Uangnya diakui untuk makan-makan dan membeli rokok. Kami sendiri hanya mengamankan sepeda motor yang digunakan untuk menjambret. Yakni sepeda motor Honda Revo N 4560 AO, sepeda motor Happy N 6693 BC dan sepeda motor Mio N 2448 BQ,” terang mantan Kapolsek Wajak ini. (agp/mar)