Rumah Ditinggal Kosong, Ludes Terbakar

CARI : Warga mencari benda yang masih bisa digunakan di atas puing-puing rumah Misri yang terbakar.

KEDUNGKANDANG- Rumah milik Misri, 46 tahun, warga di Jalan KH Malik Dalam, RT01 RW05 Malang, siang kemarin terbakar. Api tidak hanya menghabiskan bangunan rumah yang terbuat dari kayu, tapi juga melawap seluruh isi rumah. Termasuk pakaian, menurut Misri pakaian yang bisa diselamatkan hanya yang melekat pada tubuhnya dan keluarganya. “Tidak ada yang diselamatkan, semua barang yang ada di dalam seluruhnya habis,” kata Misri lirih.
Menurutnya, saat kebakaran itu terjadi rumahnya sedang kosong. Sementara dia dan istrinya, Halimah, 42 tahun, bekerja. “Anak saya empat, satu sudah menikah tinggal di Madura, sedangkan yang tiga tadi juga tidak ada di rumah, mereka main di rumah warga,” lanjutnya.
Misri sendiri mengetahui rumahnya terbakar setelah diberitahu tetangganya melalui telepon. Saat itu Misri langsung pulang. Namun begitu, melihat kondisi rumahnya yang sudah roboh, Misri pun hanya bisa duduk lemas. Tidak ada yang bisa diperbuat, selain menatap rumahnya yang luluh lantak dan nyaris rata dengan tanah. Misri dan Halimah pun berharap pemerintah memberikan bantuan, untuk bisa mendirikan rumah lagi.
“Kerugiannya berapa sekarang masih dirinci. Yang saat ini kami harapkan adalah bantuan dari pemerintah, agar rumah saya kembali berdiri,” kata dia.  Tangis pilu juga terdengar dari Halimah. Wanita ini langsung syok begitu melihat kondisi rumahnya yang sudah hangus menjadi arang. Lalu apa penyebab kebakaran itu terjadi? Hingga saat itu anggota Polsekta Kedungkandang yang mendapat laporan terkait kebakaran tersebut belum dapat memastikan penyebabnya. Namun ada dugaan jika kebakaran tersebut akibat adanya konsleting arus listrik. (ira/mar)