Lahir Malam Tahun Baru, Dibuang

RAWAT : Rizky Maula Subhan dirawat di RSUD Kanjuruhan

TUREN- Ironis! Bayi laki-laki diperkirakan baru lahir di malam tahun baru, dibuang hidup-hidup oleh orang tuanya. Bayi malang ini ditemukan di depan rumah milik Ikhwan Amrulloh, 35 tahun, warga Jalan Kebon Alas, RT20 RW10, Desa Pagedangan, Turen. Ketika ditemukan pukul 05.00, tubuhnya masih berlepotan darah dengan tali pusar yang belum dipotong. Untuk memulihkan kesehatannya, bayi yang diberi nama Rizky Maula Subhan tersebut dirawat di ruang Perinatologi (ruang perawatan khusus untuk bayi baru lahir yang bermasalah) RSUD Kanjuruhan. Dugaan kuat, dia lahir dalam kondisi prematur.
Menurut Kapolsek Turen, Kompol Agus Suryoso, pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan secara mendalam. Beberapa anggora unit reserse, mencari informasi di seputar Tempat Kejadian Perkara (TKP). “Selain melakukan penyelidikan, kami juga membawa bayi itu ke rumah sakit. Sebelumnya sempat dibawa ke puskesmas Turen, namun karena fasilitas kesehatannya kurang memadai, kami rujuk ke RSUD Kanjuruhan,” terangnya.
Terkait penemuan Rizky, panggilan bayi ini, Agus menjelaskan bila awalnya Rina, istri Ikhwan Amrulloh dan mertuanya, Sunik  hendak bersiap-siap salat Subuh dan berbelanja. Saat itulah, mereka mendengarkan suara tangisan bayi yang lirih. “Menurut mereka, suaranya berada di depan rumah. Pertama dikira suara terompet. Tapi karena terus menerus terdengar, Rina pun melihat sumber suara ini,” kata Agus. Alangkah kagetnya dia ketika melihat tubuh bayi yang tergeletak di depan rumahnya hanya beralaskan selembar handuk. Sementara itu, menurut pihak rumah sakit, Rizky telah dinyatakan sehat serta memiliki bobot 1,3 kilogram dan panjang 38 cm. (big/mar)