Gadaikan Motor, Meringkuk di Sel

SUKUN – Tumiyati, 40 tahun, warga Desa Sumbersuko RT28 RW07 Kecamatan Tajinan sejak Selasa (1/1) malam lalu harus meringkuk di sel tahanan Polsekta Sukun. Pria yang dituduh menggelapkan motor Yamaha Vega N 5594 FY, milik Wakit, 58 tahun, warga Jalan Anggrek Putih, Turen ini ditangkap petugas di rumahnya. Dalam penangkapan tersebut petugas juga mengamankan barang bukti satu unit motor Yamaha Vega milik korban.
“Motor tersebut kami amankan dari seseorang di Lumajang, setelah digadaikan oleh tersangka. Dan orang yang menerima gadai juga tidak tahu menahu jika motor tersebut hasil pinjaman. Karena tersangka mengaku motor tersebut miliknya, dan alasan digadaikan karena dirinya butuh uang,’’ kata Kapolsekta Sukun Kompol Lukman Cahyono kepada Malang Post kemarin.
Dijelaskan oleh Lukman, penggelapan motor itu sendiri terjadi pertengahan November lalu. Saat itu tersangka yang mengenal korban mengajak bertemu di depan soto Lamongan, Jalan Gadang. Tanpa ada pikiran curiga, korban mau menemui tersangka yang merupakan kawan lamanya itu. Tidak hanya bergurau, keduanya juga bernostalgia.
Disaat keduanya ngobrol hangat, Tumiyati menyampaikan niatnya untuk meminjam motor kepada korban. Wakit sama sekali tidak curiga, terlebih saat itu Tumiyati mengatakan hanya sebentar untuk menjemput pacarnya, di Mergosono. Tapi begitu janji tinggal janji, satu jam berlalu faktanya Tumiyati tidak kunjung datang.
“Dari laporan dan hasil penyelidikan, akhirnya anggota kami bergerak. Kami lebih dulu mengamankan barang bukti baru kemudian tersangkanya,’’ tandas Kapolsekta.(ira/lim)