Ribuan Miras Disita Dari Tempat Karaoke

LANGGAR PERDA: Barang bukti miras yang diamankan petugas dari tempat karaoke dan toko
 
MALANG – Ribuan botol minuman keras berhasil disita anggota Polres Malang Kota. Minuman keras berbagai merek tersebut disita dari lima tempat, tiga di antarannya merupakan tempat hiburan,   Café Amesti di MX Mall,  Karaoke Inul Vista di MOG,  Karaoke Vivace Jalan Soekarno Hatta,  toko Tegas di Jalan Sersan Harun dan di toko Nusantara Jalan Soekarno Hatta.
Yang menarik, lima tempat tersebut bukan kali pertama ini terkena razia, seperti toko Nusantara contohnya, Agustus 2012 lalu, juga dirazia. Petugas juga mengamankan barang bukti ribuan minuman keras, yang dijual tanpa disertai izin.
Kasubag Humas Polres Malang Kota AKP Dwiko Gunawan menjelaskan, razia minuman keras ini digelar menjelang malam pergantian tahun  Selasa (31/12) lalu. “Anggota yang terlibat dalam razia ini gabungan, dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Malang Kota Kompol Budiharto,’’ ucap Dwiko, sembari mengatakan razia ini digelar dengan tujuan untuk menekan angka kriminalitas baik saat malam pergantian tahun maupun selanjutnya.
Menurut Dwiko, razia dilakukan seketika. Tim gabungan yang terbagi lima langsung mendatangi lima tempat yang menjadi sasaran razia. Hal inilah yang membuat para pengunjung tempat hiburan maupun pengelolah kaget. “Kami sengaja untuk melakukan razia seketika dengan waktu yang sama, untuk menghindari kebocoran informasi. Hasilnya terbukti, banyak minuman keras yang diamankan,’’ kata Dwiko yang malam itu juga ikut melakukan razia.
Dwiko juga menjelaskan, jika razia dilakukan lantaran adanya pelanggaran perda yang dilakukan oleh pengelola toko maupun tempat hiburan. Mereka tidak mengantongi izin penjualan minuman keras dari Pemerintah Kota Malang. “Sementara untuk pengelolah tempat karaoke dan penjual mirasnya dikenakan tindak pidana ringan. Sedangkan seluruh barang bukti kami amankan, dan nanti sama-sama akan dilakukan pemusnahan,’’ tandas Dwiko.(ira/lim)