Polisi Bongkar Pabrik Kosmetik Palsu di Pandanwangi

OTODIDAK: tersangka Budi Utomo dan barang bukti puluhan ribu bungkus produk kecantikan, kapur barus dan minuman yang dipalsukan

MALANG – Petugas Reskrim Polsekta Blimbing sukses membongkar pabrik kosmetik merek Metro dan kapur semut merek “bagus’ palsu kemarin sore. Lima orang diamankan dalam penggerebekan yang dipimpin langsung Kapolsekta Blimbing Kompol Rofiq Ripto Himawan dari pabrik yang berlokasi di Jalan Simpang Teluk Grajakan IV Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing itu.
Mereka adalah Budi Utomo, 37 tahun, warga Jalan Simpang Teluk Grajakan  IV, RT16 RW02, Kelurahan Pandanwangi Blimbing, Kosim, 59 tahun,  Yuliatin, 37 tahun, Isarotul Ainiyah, 27 tahun, Nilawati Syahroh, 27 tahun, keempatnya warga Jalan Simpang Teluk Bayur Kecamatan Blimbing.
Hanya saja, dari lima orang yang diamankan tersebut, petugas hanya menetapkan satu tersangka saja. Yaitu Budi Utomo. Itu karena Budi Utomo selain sebagai penyandang dana, dia juga yang memiliki ide melakukan pemalsuan produk tersebut.
“Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan secara marathon, akhirnya kami menetapkan satu tersangka saja, yaitu Budi Utomo. Sedangkan empat orang lainnya hanya diperiksa sebagai saksi. Dan mereka juga langsung dipulangkan, setelah dimintai keterangan,’’ terang  Rofiq.
Pria dengan satu melati di pundaknya ini juga mengatakan, alasannya hanya menetapkan satu tersangka yaitu Budi Utomo, karena empat orang lainnya hanya bekerja di rumah Budi. Mereka juga mengerjakan yang diperintahkan Budi. Dan itu juga diakui oleh Budi dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik.
Menurut Kapolsekta, saat digerebek, lima orang tersebut sedang memproduksi, yaitu mengemas kapur semut yang siap diedarkan. Dari penggerebekan itu juga petugas mengamankan barang bukti puluhan ribu produk kosmetik, minuman anak-anak, kapur semut, lem merek glukol, korek api merek Tokai, berikut bungkusnya, empat alat press, obrok, dan berbagai peralatan lainnya.
“Semua produk yang diproduksi di pabrik tersebut palsu, dan produksinya juga tidak ada izin apapun,’’ terang Rofiq yang kemarin mempublikasikan hasil pengungkapan tersebut.
Terkait dengan barang-barang yang dipalsukan, Kapolsekta menyebutkan ada 10 produk. Dan empat produk lainnya sudah diedarkan. 10 produk tersebut masing-masing kapur ajaib merek Bagus, kapur ajaib merek Top Bagus, saleb 88, cream (kosmetik) merek Metro, tambal panci merek Elephant, mickuat, korek api merek Tokai fox, kapur barus merek Pky & Swan, cream anti septic merek Sriti, lem kertas merek Glukol.
“Sementara yang sudah diedarkan adalah kapur ajaib merek Bagus, kapur ajaib merek Top Bagus, Lem Glukol dan tambal panci merek Elephant,’’ tambah Kapolsekta.
Dalam memasarkan produknya, Budi bekerja sendirian. Menggunakan motor yang di belakangnya membawa obrok, Budi menyasar toko-toko kecil dan menawarkan produknya dengan harga yang lebih murah. “Harga normal satu box kapur ajaib asli Rp 25.000, sedangkan oleh tersangka satu box kapur ajaib produknya dijual Rp 18.500. Ada selisih Rp 7.500,’’ kata bapak dua anak ini.
Untuk wilayah pemasaran produk-produknya, Budi mengakui masih sebatas wilayah Malang Raya saja. Bahkan Budi sendiri yang memasarkan. “Pekerjaan ini sudah saya tekuni selama dua tahun. Sebelumnya saya menjadi sales,’’ kata Budi yang mengatakan jika dirinya belajar memproduksi berbagai barang  barang secara otodidak.  
“Saya lebih dulu membeli produk yang asli, kemudian saya melihat komposisinya, baru kemudian saya meracik, dengan membeli bahan-bahan di pasaran,’’ kata bapak tiga anak ini, yang mengaku untuk bungkusnya, dia mencetak di beberapa tempat percetakan. “Kalau kapur ajaib, sebetulnya itu kapur biasa, yang kemudian saya kemas ke dalam bungkus kapur ajaib, dan siap saya edarkan,’’ tandasnya.
Sementara Kapolsekta juga menambahkan, penggerebekan ini berawal dari informasi dari masyarakat. Sebelumnya petugas mendapat informasi, ada penjual kapur ajaib dengan harga sangat murah. Selanjutnya, petugas melakukan penyelidikan, dengan mencari identitas orang yang menjual barang-barang dengan harga murah tersebut. Dan hasilnya, diketahui, jika tidak hanya murah, tapi barang-barang tersebut juga palsu. “Mengetahui jika barang tersebut palsu, kami kemudian langsung melakukan penggerebekan,’’ tandasnya.(ira/lim)
10 Produk yang Dipalsu;
1.    Kapur ajaib merek Bagus
2.    Kapur ajaib merek Top Bagus
3.    Kapur barus merek pky & swan
4.    Saleb 88,
5.    Cream (kosmetik) merek Metro
6.    Cream anti septic merek Sriti
7.    Tambal panci merek Elephant
8.    Mickuat
9.    Korek api merek Tokai fox
10.    Lem kertas merek glukol.
Modusnya :
1.    Tersangka membeli produk yang asli
2.    Dipelajari komposisinya secara otodidak
3.    Membeli bahan-bahan dasar di pasaran
4.    Kemudian saya meracik
5.    Bungkusnya ia mencetak di percetakan
6.    Dipasarkan di took-toko dengan harga yang sangat murah