Motor Tertinggal, Pencuri Dibekuk

JAGA : Seorang petugas menjaga Sugianto.

KEDUNGKANDANG– Tiga kali mendekam di sel tahanan, tidak membuat Sugianto, 21 tahun, warga Dusun Karangjati Anyar, Desa Karangjati, Wonorejo, Pasuruan berhenti melakukan tindak kriminal. Bersama temannya yang saat ini masih buron, dia melakukan pencurian motor Honda Beat, N 3793 CI milik Mohammad Adam Subastian, 32 tahun, warga Jalan Simpang Edelwijs Malang. “Pencuriannya terjadi Rabu (19/12) lalu, di Jalan Danau Kerinci, Sawojajar. Tadi malam (Minggu, 6/1), tersangka baru kami amankan. Selain motor Honda Beat, kami juga mengamankan barang bukti motor Suzuki Satria FU, N 3653 TG dan sebilah celurit yang kami temukan di dalam jok motor,” papar Kapolsekta Kedungkandang, Kompol Sutiono.
Dijelaskan mantan Kasat Intel Polres Malang Kota itu, Adam yang bekerja di warung makan milik Sunarto, mertuanya berniat pulang.  Dia pun mengeluarkan motornya di garasi. Namun setelah motor dikeluarkan, Adam yang sudah memasang kunci ke kontak motor mendadak turun dan kembali masuk warung untuk mengambil barangnya yang tertinggal. Bersamaan, melintas Sugianto yang mengemudikan motor Suzuki Satria FU berboncengan dengan temannya.  “Temannya  yang dibonceng turun dari motor, dan mengambil motor Honda Beat milik korban,’’ terang dia.
Aksi tersebut terlihat oleh Sunarto, yang seketika berteriak maling. Teriakan ini membuat pelaku panik dan melemparkan motor Honda Beat selanjutnya kabur. Sementara Sugianto yang mengendarai motor juga hendak kabur. Tapi begitu Sunarto berhasil memegangi motor, sehingga Sugianto dan motornya jatuh. “Setelah jatuh, pelaku sempat berdiri dan kemudian kabur, sedangkan motornya ditinggal,” tambah Sutiono.  Berbekal dari motor Satria FU milik tersangka inilah kemudian petugas melakukan penyelidikan. Identitas kepemilikan motor dicari petugas. Hingga akhirnya petugas mendapatkan informasi jika motor tersebut milik Sugianto. “Kami langsung datang ke rumah tersangka dan menangkapnya,” pungkas perwira tersebut. (ira/mar)