Waspada ! Pencuri Onderdil Mesin Foto Copy Gentayangan

SUKUN – Awas ! Pelaku pencurian saat ini mengincar barang baru, yakni onderdil mesin foto copy. Seperti yang dialami Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Mesin seharga Rp 9 Juta raib digondol maling yang berpura-pura menjadi teknisi CV Unggul.
Padahal, KSM Kebonsari baru saja membeli mesin foto copy tersebut sehari sebelumnya. Akibatnya, harapan impian KSM membuka bisnis jasa foto copy harus sirna. Diperoleh informasi, saat kejadian berlangsung pada Jumat (4/1), di lokasi hanya ada satu pegawai saja, yaitu Nur Susilowati, 23 tahun.
Karena belum pernah bekerja di foto copy, Nur belajar sekaligus mencoba mesin foto copy yang baru datang. Tiba-tiba datang dua orang yang mengaku teknisi CV Unggul. Meski kedua pelaku tidak memakai seragam dan ID Card, Nur tidak curiga. Apalagi pelaku mengaku sudah menghubungi Ketua KSM, Nur Hadi.
“Tinggi badan keduanya sekitar 160 centimeter. Satu orang berbadan gemuk, dan satunya berbadan kurus. Mereka juga membawa tas, dan perlengkapan,“ kata Nur, saat melaporkan kejadian itu kepada Polsek Sukun, kemarin. Selama kedua pelaku mengotak-atik mesin foto copy, Nur juga berada didalam toko.
Dia lebih banyak diam karena tidak memahami seluk-beluk mesin foto copy. Menurutnya, kedua pelaku juga sempat mengajarkan cara membersihkan onderdil mesin foto copy. Kedua pelaku langsung pamit setelah menyelesaikan pekerjaannya. Pelanggan pertama datang pada Sabtu (5/1/).
Saat akan meng-copy pesanan pelanggannya, ternyata mesinnya tidak berfungsi.
Kejadian ini langsung dilaporkan ke Nur Hadi sebagai penanggungjawab toko. Setelah melihat mesin foto copy-nya tidak berfungsi, Nur Hadi berniat memanggil teknisi CV Unggul. “Perusahaannya kan libur pada Sabtu dan Minggu. Jadi teknisinya baru dipanggil pada Senin dua hari kemudian,“ kata Hadi.
Nur Hadi baru menyadari hilangnya drum foto copy saat teknisi CV Unggul memberitahunya. Dia  baru melaporkan pencurian ini ke Polsek Sukun pada Selasa kemarin siang. Kapolsek Sukun, Kompol Lukman Cahyono membenarkan laporan dari korban.
Sejumlah saksi juga sudah dimintai keterangan mengenai kejadian itu. “Saksi juga sudah mengungkap ciri-ciri pelaku. Akan kami telusuri dari keterangan tersebut dan melakukan penyelidikan,“ tandas Kompol Lukman Cahyono.(big/eno)