BNN Gandeng Pemkot Cegah Narkoba

NARKOBA : Arif, salah satu petugas BNN memberikan penyuluhan narkoba.

BATU- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu dalam waktu dekat melakukan MoU dengan Pemkot Batu terkait penanganan pencegahan penyalahgunaan narkoba. Dengan MoU tersebut, BNN dan pemkot bisa bersama-sama melakukan kampanye anti narkoba atau pencegahan dalam bentuk lain.  "Kami harus sinergi dengan pemkot. Saat ini ancaman terhadap penyalahgunaan narkoba semakin tinggi, jadi sinergi dengan instansi lain juga harus ditingkatkan. Sebantar lagi, kami akan launching itu," ungkap Edi HK, Kasi Pencegahan BNN Kota Batu kepada Malang Post.  Dengan MoU bersama Pemkot, seluruh pegawai di lingkungan Pemkot bisa dilibatkan dalam pencegahan. Minimal mereka faham bahaya penyalahgunaan sehingga bisa kampanye di lingkungan keluarga.
BNN sudah melakukan pembicaraan dengan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko. Menurutnya, wali kota juga sangat mendukung upaya melakukan pencegahan secara bersama-sama ini.  Sementara itu pencegahan bahaya narkoba terus dilakukan masyarakat. LDII Kota Batu tidak luput ikut melakukan pencegahan. Salah satu hal yang dilakukan adalah mengumpulkan kader LDII seluruh Jatim di hall KUD Batu, beberapa waktu lalu. LDII mengundang petugas dari BNN Kota Batu memberitahukan materi seputar narkoba sehingga bisa menjadi pedoman mereka menjauhinya.
"Kami biasa melakukan  upaya atau kampanye pencegahan penyalahgunaan narkoba. Pada malam tahun baru, orang berkumpul di hall KUD Kota Batu mendengarkan materi petugas BNN," tegas Nanang, Bendahara LDII Kota Batu.  Menurutnya, pada malam tahun baru seperti itu, para pemuda cenderung pesta dan rawan menggunakan narkoba. Kalau mereka berkumpul dalam sebuah tempat, maka kerawanan penggunaan narkoba menjadi kecil.  Menurutnya, pemateri dari BNN juga menunjukan aneka jenis ganja, pil koplo hingga sabu-sabu. Begitu juga dengan cara penggunaan dilakukan pemberitahuan dalam materi. Dengan faham tentang narkoba itu, mereka bisa kampanye atau mengetahui sikap aneh jika ada pada anak. (feb/mar)