Produsen CD Bajakan Ditangkap

KEPANJEN- Satreskrim Polres Malang, berhasil meringkus seorang lelaki yang diduga menjadi produsen kaset compact disk (CD) bajakan, kemarin siang. Dia adalah Ismail Hasan, 42 tahun, warga Desa Banjarejo, Pagelaran itu kini masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Malang. Menurut Kasatreskrim Polres Malang, AKP Decky Hermansyah, penangkapan Ismail itu berawal dari hasil operasi gabungan dengan Asosiasi Penyalur Pengusaha Rekaman Indonesia (APPRI) Malang Raya, diketahui banyak terjadi distribusi penyaluran kaset CD bajakan di wilayah Kabupaten Malang.
“Pelaku memproduksi CD bajakan dirumahnya yang ada di Pagelaran. Beberapa alat bukti CD bajakan sudah kami amankan dan berada di Polres Malang,“ kata Decky kepada wartawan kemarin. Berkat Pengembangan razia dipasar-pasar tradisional, diketahui ada produsen atau pengganda CD bajakan di sekitar Kecamatan Gondanglegi.  Setelah dilakukan penyelidikan, terungkaplah siapa pelaku yang menggandakan dan mencetak CD. “Barang bukti yang kita sita yakni mesin scaner, satu set perangkat komputer dan printer. Serta, beberapa kaset CD bajakan maupun CD yang masih kosong,“ papar mantan Kasatreskrim Polres Batu Kota ini.
Sementara itu, dihadapan penyidik yang memeriksanya, Hasan mengaku jika dirinya hanya mendapatkan pesanan dari beberapa orang. “Saya cuma dapat pesanan saja. Yang pesan, biasanya bawa master asli kaset CD,” ucapnya. Dia menambahkan, dari master CD, menggunakan piranti komputer pentium empat untuk melakukan proses pembajakan yang dilakukan dengan cara burning.  Lebih lanjut dia mengatakan satu CD, dihargai sebesar Rp.2500. Sedangkan pengerjaanya berlangsung 7 hingga 10 menit. “Saya tidak  memproduksi CD dalam jumlah banyak kok. Sehari, paling banyak cuma 10 keping saja,” tandasnya. (big/mar)