Satu Kos, Dua Motor Raib

MALANG– Kota Malang masih digentayangi dengan aksi kawanan curanmor. Dini hari kemarin, aksi pencurian sepeda motor terjadi di Jalan Ikan Hiu Malang. Pelaku yang diketahui dua orang menggasak dua sepeda motor sekaligus, Honda GL Max, L 5461 EE dan L 5466 WL. Korbannya Achmad Mudhofir, 22 tahun, asal Surabaya yang indekos di tempat itu, serta temannya Bayu, 21 tahun, juga asal Surabaya. Keduanya ini adalah karyawan Hotel Haris di Kecamatan Blimbing. Karena tidak terima dan merasa dirugikan dengan kejadian itu, pagi kemarin keduanya langsung melaporkan ke petugas Polres Malang Kota.
“Kejadiannya pagi tadi (kemarin, red) sekitar pukul 02.30. Polisi tadi juga langsung datang ke sini untuk melakukan olah TKP,” ungkap Bu Sri, pengawas sekaligus penjaga tempat kos kepada Malang Post. Menurut wanita berusia 43 tahun ini, dua sepeda motor milik kedua korban tersebut dicuri saat diparkir di teras depan dengan kondisi pagar tertutup. Sepeda motor itu diparkir sejak malam setelah dipakai. Sementara kedua korban sendiri, sedang ngobrol di dalam kamar kos.
“Biasanya sepeda motor dimasukkan ke dalam. Tetapi malam itu, mungkin karena masih belum tidur, mereka menaruh sepeda motornya diteras dalam pagar,” ujar Sri. Disaat kedua korban sedang lengah inilah, dua pelaku yang sebelumnya sudah mengincar ini langsung beraksi. Mereka masuk halaman rumah lewat pintu sebelah selatan. Kemudian masuk secara pelan-pelan dan mengambil dan membawa kabur sepeda motor lewat jalan semula. Kedua korban sendiri baru sadar motornya hilang, saat mendengar suara motornya dihidupkan. Meski sempat mengejar dan berteriak maling, tetapi kedua pelaku berhasil kabur jauh.
“Sebelum pencurian itu, usai Maghrib saya sempat mencurigai dua orang yang mondar-mandir di depan rumah sembari mengawasi dalam sini. Saat itu, saya tidak curiga karena mengira anak yang sedang mencari tempat kost. Kemungkinan mereka menggambar dulu, dan malamnya beraksi. Ciri-ciri mereka itu memakai kaos hijau dan putih. Satu pelaku rambutnya model mohawk dan satu lagi rambutnya lurus ke samping,” terangnya. Ditambahkannya, aksi pencurian sepeda motor di tempat kos tersebut sudah tiga kali ini terjadi. Pertama sekitar 2004, lalu tahun 2006 dimana pelakunya berhasil ditangkap massa dan ketiganya dini hari kemarin. (agp/mar)