Dua Penjambret Sikat Kalung Emas Rp 15 Juta

MALANG – Aksi kawanan pelaku jambret makin tak terkendali. Kemarin siang, pelaku yang diketahui berjumlah dua orang dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki Ninja warna hijau, beraksi di Jalan Alpaka Malang. Mereka menjambret kalung emas seberat 30 gram milik Trif Suryati, warga sekitar. Wanita berusia 58 tahun ini menjadi sasaran aksi pelaku jambret saat berada di depan toko miliknya. Akibat kejadian itu, korban mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta. “Saya masih syok akibat kejadian tadi (kemarin). Bahkan tadi saya juga sempat pingsan,” ungkap Trif Suryati ditemui di rumahnya. Didampingi Suyadi, suaminya, dia menjelaskan sebelum menjadi korban jambret, sekitar pukul 13.00 dirinya baru pulang dari rumah Arif Yuni Cahyadi, anaknya di Kediri.
Korban pulang dengan mengendarai travel. Setibanya, korban lantas masuk ke dalam rumah yang kemudian ganti pakaian. Setelah itu, korban pergi ke depan toko miliknya. Karena melihat kondisi lantai depan toko miliknya kotor banyak sampah, korban lalu mengambil sapu dan berniat untuk menyapu. “Saat hendak menyapu itu, saya melihat dua pelaku itu berboncengan sepeda motor dari arah timur. Kemudian sampai depan pos kamling, mereka putar balik dan berhenti di depan toko,” terangnya. Satu pelaku tetap berada di atas motor, sementara satu pelaku yang dibonceng turun. Selanjutnya pelaku lantas mendekati korban dengan berpura-pura membeli sesuatu sembari terus memegang telpon.  Begitu dekat dengan korban, pelaku lantas menarik kalung emas yang dipakai korban.
Sadar kalungnya mau dirampas, korban lalu berusaha mempertahankan hingga sempat tarik menarik dan berteriak minta tolong. Namun korban akhirnya jatuh pingsan setelah tubuhnya didorong oleh pelaku yang langsung kabur ke arah Barat. Warga sekitar yang mendengar teriakan korban langsung berdatangan dan berusaha mengejar pelaku. Tetapi gagal lantaran pelaku sudah kabur jauh. “Kejadian jambret seperti ini sering terjadi di kampung ini. Ciri-ciri pelakunya juga hampir sama, memakai kendaraan Kawasaki Ninja warna hijau, satu pelaku agar kecil dan satu lagi bertubuh sedang. Mereka berkulit hitam dan memakai helm teropong,” katanya. (agp/mar)