Pencuri Satroni Rumah Kos Mahasiswa

MALANG- Kawanan pencuri spesialis rumah kosong, dini hari kemarin beraksi di Jalan Mergan Kelurahan Blok D Malang. Sasarannya tempat kos-kosan mahasiswa asal Flores. Dalam aksinya, pelaku berhasil membawa kabur dua buah laptop merek Acer dan Compact. Korbannya adalah Yohan Gustaf Romeo, 25 tahun, mahasiswa IKIP Budi Utomo semester 7 jurusan Olahraga. Dua laptop senilai sekitar Rp 10 juta tersebut dicuri saat ditaruh di dalam kamar. Kasus pencurian itu sendiri kemarin langsung dilaporkan ke petugas Polsekta Sukun. Polisi sendiri, usai mendapat laporan langsung melakukan olah TKP. ”Laptop itu satunya milik saya dan satu lagi milik adik saya yang datang dari Surabaya. Selain laptop berkas laporan skripsi saya juga ikut diambil,” ungkap Yohan Gustaf Romeo.
Menurutnya, Sabtu malam sebelum kejadian dia bersama adik serta lima teman kosnya pergi merayakan natalan bersama seluruh warga Flores di Aula Kampus Tribuana Landungsari Malang. Mereka berangkat sekitar pukul 23.00 dengan mengendarai motor. "Sebelum berangkat jendela dan pintu sudah saya kunci," ujarnya. Diduga ketika ditinggal pergi dan tempat kos dalam kondisi kosong inilah, pelaku yang sebelumnya sudah mengincar langsung beraksi. Modusnya pelaku masuk dengan cara mencongkel jendela kamar korban lalu mengambil laptop dan kabur lewat jalan semula. Korban sendiri baru mengetahui kejadian itu sekitar pukul 03.00 ketika pulang dari Landungsari. Melihat kondisi jendela terbuka, korban lalu mengecek barangnya dan ternyata dua laptop serta laporan skripsinya sudah tidak ada.
Korban lalu melaporkan pencurian ini ke Polsekta Sukun. "Semalam sekitar pukul 02.00 saat bangun saya sempat melihat ada pria bertubuh kecil memakai pakaian dan topi hitam berjalan ke arah selatan. Saya mengira kalau dia itu teman korban, karena selama ini anak-anak di tempat kos itu ramai dan nongkrong sampai pagi hari," tutur seorang warga yang rumahnya di samping tempat kos korban. Sementara itu, dalam olah tempat kejadian perkara (TKP) kemarin siang, petugas sama sekali tidak mendapati barang bukti milik pelaku yang tertinggal. Petugas hanya mendapati jendela korban yang rusak bekas congkelan. (agp/mar)