Bekuk Lagi Pengedar SS

NARKOBA : Polisi menunjukkan Said dan barang buktinya.

MALANG–  Satreskoba Polres Malang Kota, akhir pekan kemarin kembali menangkap seorang pengedar narkotika jenis sabu-sabu (SS). Tersangkanya Said, 34 tahun, warga Jalan Jodipan Gg I Malang. Dia ditangkap petugas saat mau mengirim barang ke Jalan Muharto II Malang. Dari tangan dia, petugas mengamankan barang bukti tiga poket SS. “Barang bukti SS tersebut, ditemukan di dalam saku celananynya,” ungkap Kasubag Humas Polres Malang Kota, AKP Dwiko Gunawan. Menurutnya, penangkapan Said ini bermula dari adanya informasi masyarakat, yang mengatakan kalau Said mengedarkan barang haram SS. Berangkat dari informasi itu, petugas lantas melakukan penyelidikan dengan mengintai gerak-gerik Said selama sepekan.
Begitu mendapat informasi kalau Said hendak bertransaksi narkotika, petugas yang tak ingin kehilangan barang bukti langsung menangkapnya. “Awalnya dia sempat mengelak tuduhan memiliki SS. Namun setelah kami geledah dan ditemukan SS, dia tidak bisa lagi berkutik dan mengakuinya,” ujar Dwiko. Sementara itu, dalam keterangannya Said mengaku kalau dirinya sudah sebulan ini bergelut di dalam dunia narkotika. Serbuk putih SS tersebut, didapatkannya dari seorang kenalannya di Surabaya yang kini masih menjadi buronan polisi. Sekali kirim, Said mengaku membeli seberat 5 gram SS. Kemudian dibagi menjadi beberapa poket yang selanjutnya dijual lagi seharga Rp 450.000 perpoketnya. “Tersangka ini dalam sebulan mengaku sudah dua kali membeli. Pertama 5 gram lalu kedua juga lima gram. Setiap lima gram pembelian itu, ketika diedarkan lagi Said mendapat keuntungan sekitar Rp 1,5 juta,” terangnya.
Akibat perbuatannya itu, Said sendiri dijerat dengan pasal 112 ayat 1 Undang-undang nomor 35 / 2009 tentang narkotika. Ancaman hukumannya minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun kurungan penjara. (agp/mar)