Pembobol Ladies Spa Penjaga Kunci Ruko

MALANG – Tak lama bagi petugas Reskrim Polsekta Sukun untuk menangkap pelaku pencurian di dalam ruko Ladies Spa Jalan Bukit Barisan 3 Malang. Hanya selang sehari setelah mendapat laporan, petugas berhasil menangkap pelakunya. Tersangkanya Siswanto, warga Jalan Pelabuhan Tanjung Priok, Kelurahan Bakalan Krajan Kecamatan Sukun.
Pemuda 28 tahun ini diringkus petugas awal pelaku lalu, ketika hendak masuk kerja. Dari tangan tersangka, petugas mengamankan sisa uang hasil curian sebesar Rp 1,5 juta lebih, serta obeng, dan pakaian yang digunakan oleh tersangka saat beraksi.
Kapolsekta Sukun, Kompol Lukman Cahyono mengatakan, penangkapan tersangka Siswanto ini, berdasarkan hasil penyelidikan petugas di lokasi kejadian. Dari olah tempat kejadian perkara (TKP), dicurigai bahwa pelakunya tak jauh dari lokasi dan mengenal kondisi sekitar. Apalagi, juga tidak ada kerusakan pada pintu kecuali laci tempat menyimpan uang.
“Dari situlah akhirnya kecurigaan kami menuju pada Siswanto. Sebab Siswanto ini karyawan Kios Cell di ruko sebelah TKP yang bertugas membawa kunci. Dan setelah kami interogasi, ternyata yang bersangkutan mengakui meski awalnya sempat mengelak tuduhan pencurian itu,” ungkap Lukman Cahyono.
Pencurian itu dilakukan Siswanto dini hari sekitar pukul 04.30. Modusnya dia masuk melalui ruko Kios Cell tempatnya bekerja, yang kemudian naik ke lantai tiga. Setelah berada di lantai tiga, melalui lubang jemuran tersangka masuk ke ruko Ladies Spa.
Selanjutnya dengan obeng yang dibawa dari rumah, Siswanto lalu turun ke lantai satu. Dia lalu membongkar paksa laci meja dengan menggunakan obeng. Begitu berhasil dibuka, dia lantas mengambil uang sebesar Rp 9 juta lebih. Setelah itu, Siswanto kabur lewat jalan semula.
Aksi pencurian sendiri, baru diketahui pihak Ladies Spa pagi harinya yang kemudian melaporkan ke petugas Polsekta Sukun. Sementara uang hasil dari curian tersebut, oleh Siswanto langsung dibuat membayar utang kepada beberapa temannya yang kini sedang diburu petugas.(agp/lim)