Polisi Nyamar Jadi Perempuan, Pencuri Tertangkap

DAMPIT- Berdalih ingin membeli sepeda motor,  Arifin bin Misri, warga Dusun Purwosari, RT16 RW08, Desa Srimulyo, Dampit nekat melakukan tindakan kriminalitas. Pemuda berusia 20 tahun ini, mencuri sertifikat dan ponsel milik Sutikno, 48 rahun, warga Dusun Balerejo RT11 RW04, Desa Srimulyo, Dampit, Senin (14/1) lalu. Akibat perbuatannya itu, pria yang diketahui tak tamat Sekolah Dasar (SD) inipun harus meringkuk dibalik jeruji sel Mapolsek Dampit, sejak kemarin siang. Sebagai barang buktinya, petugas mengamankan satu buah HP merek Nokia tipe 7610. “Kini kasusnya masih kami kembangkan, apakah ada tindak kejahatan lain yang dilakukan oleh tersangka ini,” ujar Kapolsek Dampit, Indro Susetiyo SH.
Diperoleh informasi, aksi pencurian yang dilakukan Soleh sendiri, terjadi pada 14 Januari lalu sekitar pukul 02.30. Saat itu tersangka mendapatkan informasi dari salah seorang temannya, yang menyatakan di dalam rumah Sutikno terdapat uang Rp 38 juta, dari hasil penjualan panen sawah milik korban. Berbekal informasi itu, tersangka nekat membobol rumah Sutikno. “Saya mencongkel jendela rumah itu. Pemilik rumah beserta keluarganya, saat itu masih tidur terlelap,” kata Arifin, saat dimintai keterangan oleh penyidik. Setelah berhasil memasuki rumah itu, apes tersangka tak menemukan uang sebesar Rp. 38 juta yang dikatakan temannya.
“Lalu saya ambil saja dua buah sertifikat rumah dan dua buah handphone nokia yang tergeletak di ruang keluarga,” imbuh Arifin. Setelah berhasil mengambil semua barang itu, ia pun ngacir kabur. Korban mengetahui ada barang di dalam rumahnya yang hilang, membuatnya melaporkan kejadian itu ke Polsek Dampit. Setelah menerima laporan itu, satuan reskrim Polsek Dampitpun bergerak cepat melakukan penyelidikan. Hasilnya, tersangka dapat ditangkap, setelah dijebak petugas yang menyamar menjadi perempuan lalu menghubungi nomor HP yang hilang. “Setelah berhasil menghubungi tersangka, petugas yang menyamar sebagai perempuan itu berjanji mengajak ketemuan di depan Puskesmas Dampit, dan langsung kami tangkap,“ jelas Indro. (big/mar)