Enam Warga Tawangargo Masuk Penjara

DITAHAN : Keenam tersangka pencurian di Mapolsek Karangploso.

KARANGPLOSO – Enam warga Desa Tawangargo, Karangploso akhir pekan lalu diamankan petugas unit Reskrim Polsek Karangploso. Mereka ditangkap setelah dilaporkan Suhari, 38 tahun, warga Dusun Borogragal, Desa Donowarih, Karangploso dengan tuduhan mencuri puluhan ekor ayam miliknya. Keenamnya, yaitu Suroso, 20 tahun, Matorip, 17 tahun, Santoso, 28 tahun, Paidi, 45 tahun dan Galih Fandi, 20 tahun. Kelimanya tinggal di Dusun Borogondang. Sedangkan seorang tersangka, Didik Iswanto, 32 tahun, tinggal di Dusun Lasan.  “Mereka ditangkap di rumahnya masing-masing. Kami juga mengamankan barang bukti sebilah pisau, satu sarung serta mobil Daihatsu N 1759 GF yang digunakan untuk mengangkut ayam curian,” ungkap Kapolsek Karangploso AKP Sugeng Hardianto.
Diperoleh keterangan, aksi pencurian yang dilakukan keenam warga Desa Tawangargo ini, terjadi 13 Januari lalu sekitar pukul 02.00. Kisahnya malam sebelum beraksi mencuri, keenam tersangka ini lebih dulu mengadakan pesta minuman keras (miras) oplosan. Saat semuanya dalam kondisi sudah mabuk, salah satu pelaku muncul ide untuk mencuri ayam milik Suhari dengan alasan sebagai makanan pelengkap pesta miras. Usulan itu oleh kelima tersangka lainnya disetujui. Kemudian dengan mengendarai mobil mereka menuju ke kandang ayam milik korban.
Awalnya hanya mencuri empat ekor yang kemudian disembelih dan dibakar. Setelah ayam yang dibakar habis dimakan serta minuman sudah habis, keenamnya kembali mendatangi kandang ayam milik korban, untuk mencuri lagi. Kali ini mereka mencuri 51 ekor ayam.
Ayam curian tersebut kemudian diangkut dengan mobil yang selanjutnya dijual ke salah satu warga di Desa Girimoyo – Karangploso seharga Rp 2,4 juta. “Uang hasil jualan itu, sebesar Rp 100 ribu kami gunakan untuk beli minuman keras lagi. Sedangkan sisanya kami bagi rata,” ujar Didik Iswanto, yang dibenarkan kelima tersangka lainnya. Terungkapnya aksi pencurian tersebut, berdasarkan laporan dari korban ke petugas Polsek Karangploso. Petugas yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan, dengan memeriksa saksi-saksi. Dari hasil penyelidikan itulah, akhirnya petugas berhasil menangkap keenamnya. (agp/mar)