Tim Buser Bekuk Buronan Pencurian Motor

GIRING : Suwoto (tangan terborgol) digelandang petugas ke Satreskrim Polres Malang.

LAWANG- Hampir tiga tahun menjadi buronan, Suwoto, 23 tahun, akhirnya berhasil diringkus anggota Buru Sergap (Buser) Satreskrim Polres Malang, siang kemarin. Warga Jalan Sidodadi, Desa Sidoluhur, Lawang ini ditangkap terkait kasus pencurian sepeda motor Honda GL Pro di area persawahan Pilung, Lawang, awal April 2010 lalu. Dengan tertangkapnya Suwoto ini, dari tiga pelaku pencurian saat itu semuanya sudah tertangkap. Dua teman Suwoto, yakni Sugik dan Misri, warga Desa Sidoluhur, Lawang sudah ditangkap saat kejadian dulu. Bahkan Sugik dan Misri saat itu sempat menjadi bulan-bulanan massa. "Tersangka Suwoto ini kami tangkap di rumah temannya di Lawang. Itu setelah kami mendapat informasi dari masyarakat tentang kepulangannya," ungkap Kasatreskrim Polres Malang, AKP Decky Hermansyah.
Diperoleh keterangan aksi pencurian sendiri, saat itu terjadi sekitar pukul 11.00. Saat itu Suwoto dan kedua temannya baru saja pulang kerja di peternakan ayam. Mereka pulang dengan jalan kaki melintas area persawahan. Ketika di lokasi, ketiganya melihat ada sepeda motor yang diparkir di pinggir sawah tanpa diawasi pemiliknya. Karena melihat kondisi aman, ketiganya lalu timbul niatan untuk mencuri. Suwoto yang bertugas sebagai eksekutor lalu menjalankan aksinya. Dengan alat obeng dia lalu mengambil motor tersebut. Namun belum sempat membawa kabur, aksinya dipergoki korban yang lantas meneriaki maling.
Warga sekitar yang mendengar langsung mengejar ketiganya. Hasilnya dua pelaku yakni Sugik dan Misri berhasil ditangkap lalu digebuki ramai-ramai. Sedangkan Suwoto, berhasil kabur dengan membawa motor curian. "Motor itu saya bawa pulang dan ditaruh di rumah. Setelah itu saya langsung kabur ke Pasuruan untuk kerka kuli bangunan. Baru sepekan pulang, saya sudah ditangkap," ujar tersangka Suwoto. Menurut pengakuan, dirinya baru sekali itu mencuri. Itu dilakukan karena dia dan dua temannya butuh uang. "Saat itu saya dan teman-teman khilaf. Saya baru sekali itu mencuri, dan sedianya motor itu memang akan dijual," kata dia. (agp/mar)