Tertipu Burung Palsu

MALANG – Kendati sudah banyak yang tertipu, namun masih saja ada yang menjadi korban penipuan bisnis jual-beli secara online. Buwang, warga Jalan IR Rais Malang ini, yang menjadi korbannya. Pria 40 tahun ini, tertipu uang sebesar Rp 1,2 juta setelah transaksi jual beli burung dengan pelaku. Menurut keterangan korban saat laporan ke Polres Malang Kota, aksi penipuan yang dialaminya itu bermula saat dia iseng-iseng membuka situs online di www.tokobagus.com. Lalu korban membuka halaman hewan peliharaan dan asesories. Pada halaman tersebut, korban tertarik dengan sepasang burung lovebird yang dijual, dengan nomor iklan 15972416.
Karena dinilai harganya murah, korban lantas menghubungi nomor telepon pelaku yang tertera. Begitu dihubungi, antara korban dan pelaku langsung saling nego harga burung.  Setelah disepakati harga, korban kemudian diminta untuk mentransfer uang ke rekening pelaku. Alasannya uang tersebut sebagai tanda jadi sekaligus untuk biaya ongkos kirim. Karena tidak curiga, korban selanjutnya pergi ke Bank BRI Sumbersari, untuk mentransfer uang ke rekening pelaku atas nama Dody Wijaya. Begitu uang sudah terkirim, korban langsung menghubungi pelaku dan memberitahu kalau uang sudah ditransef. Pelaku sendiri yang sudah menerima uang, lantas dijanjikan kalau sepasang burung lovebird akan dikirim secepatnya.
Akan tetapi, sampai waktu yang dijanjikan, ternyata pesananya tak kunjung datang. Ketika dicoba dihubungi di nomer teleponnya 082344871567 ternyata sudah tidak aktif.  Karena baru sadar kalau dirinya telah tertipu, akhirnya korban langsung dilaporkan ke Polres Malang Kota. “Saya pikir burung akan dikirim, tidak tahunya malah tertipu,” tutur korban kepada penyidik saat laporan. (agp/mar)