Dulu Curi Ayam, Sekarang curi Motor

TERTANGKAP : Pidianto alias Kempit

SUMBERMANJING- Residivis kasus pencurian ayam, Pidianto alias Kempit, 33 tahun, warga Dusun Sidomulyo, RT23 RW04, Desa Tambaksari, Sumbermanjing Wetan, kembali berurusan dengan pihak yang berwajib. Tapi, tidak lagi melakukan pencurian ayam, melainkan ditangkap karena mencuri sepeda motor. Kasubag Humas Polres Malang, Ipda Soleh Mas’udi menjelaskan, Pidianto ditangkap oleh tim Buru Sergap (Buser) Satreskrim Polres Malang, Rabu (6/2) di rumahnya. Sebagai barang bukti, petugas mengamankan dua unit sepeda motor. Dengan rincian satu unit sepeda motor merek Honda GL Pro, L 5038 RO, dan sepeda motor Yamaha Force One, tanpa plat nomor.
“Tersangka berhasil ditangkap di rumahnya. Setelah anggota kami, mendapat petunjuk bahwa Pidianto ini pelakunya. Semua barang buktinya, didapat dari rumah tersangka saat dilakukan penangkapan, dan saat ini sudah diamankan di Mapolres Malang,” kata Mas’udi. Informasi yang berhasi dihimpun, tersangka menjalankan aksinya pada hari Senin (4/2) lalu. Saat itu korban, H Towil, 43 tahun, warga Dusun Sidomulyo, RT23 RW04, Desa Tambaksari, Sumbermanjing Wetan sekitar pukul 14.00 memarkir sepeda miliknya, di salah satu rumah tetangganya yang sedang melakukan hajatan perkawinan. Karena sepi, timbul niat tersangka bersama seorang temannya berinisial N yang saat ini masih buron, untuk melakukan pencurian. Bermodal kunci T, keduanya sukses membobol kunci sepeda motor yang notabene masih milik tetangga tersangka sendiri.
Setelah berhasil mencuri sepeda motor GL Pro itu, kemudian kedua pelaku membawanya ke rumah Pidianto untuk disembunyikan. Terungkapnya kasus itu, keesokan harinya saat korban secara tak sengaja mengetahui keberadaan sepeda motor miliknya, berada di rumah tersangka dengan nopol yang sudah diganti. “Korban masih ingat ciri-ciri sepeda motor miliknya, meski plat nomornya sudah diganti. Mengetahui hal itu, korban langsung melaporkan yang bersangkutan ke kepolisian,” ucap Mas’udi.
Berbekal laporan itu, tim buser dengan mudah menangkap tersangka di rumahnya.  Saat dilakukan penangkapan dan penggeledahan di rumah tersangka, petugas juga mendapati satu sepeda motor lainnya, dengan merek Force One tanpa nomor polisi yang sudah dimodifikasi menjadi trail. Ternyata, sepeda motor itu juga hasil kejahatan pencurian yang dilakukan oleh tersangka. “Dihadapan penyidik yang memeriksanya, tersangka mengakui sudah dua kali melakukan pencurian sepeda motor. Dia bersama seorang temannya yang lain berinisial N, saat ini masih buron dan terus kami kejar,” tandas Mas’udi. (big/mar)