Istri Sakit, Suami Bobol Rumah

BARANG BUKTI : Sunaryo dan barang bukti linggis

BANTUR- Berdalih tak punya uang untuk membeli obat untuk istrinya yang menderita sakit, Sunaryo, 35 tahun, warga Desa Srigonco, Bantur nekat melakukan kriminalitas. Bapak dua orang anak ini, mencuri rumah kosong milik Suprapto Usman, 40 tahun, warga Desa Pringgodani, Bantur. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya ini, dia pun meringkuk di sel Mapolsek Bantur. “Kami mengamankan satu buah kipas angin, tape kompo, dan radio kecil, dari tangan tersangka,” tutur Kapolsek Bantur, AKP M. Azwandy.  Pencurian itu dilakukan tersangka, Jumat (8/2) malam sekitar pukul 20.30. Saat itu, tersangka yang mengetahui rumah tersebut ditinggalkan oleh penghuninya, sejak satu bulan yang lalu untuk bekerja di Kota Surabaya.
Bermodal kenekatan dan beberapa peralatan seperti linggis yang dibawanya dari rumah, dia mencokel pintu depan rumah tersebut. Setelah berhasil membuka pintu tersebut, kemudian pelaku masuk ke dalam rumah dan menjarah isinya. Akan tetapi apes menimpa dirinya saat itu, yang kepergok saat menjalankan aksi jahatnya. Dia kepergok oleh warga sekitar yang sedang melakukan patroli siskamling di sekitar rumah tersebut. “Setelah berhasil ditangkap dan diamankan, kemudian warga membawanya ke Mapolsek Bantur,” kata Azwandi.
Perwira ini berterimakasih kepada warga, yang menyerahkan pelaku dan tak main hakim sendiri. Sementara itu, dihadapan penyidik yang memeriksanya, lantaran butuh uang untuk pengobatan istrinya. “Rencananya semua barang itu akan saya jual untuk beli obat istri saya yang sakit kanker rahim,“ sesal Sunaryo. Akibat perbuatan yang dilakukannya itu, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman maksimal tujuh tahun kurungan penjara. (big/mar)