Pencuri Burung Akhirnya Tewas

BULULAWANG- Seorang tahanan bernama Busiman, 38 tahun, warga Jalan Joyosari, Malang, tewas di rumah tahanan (rutan) Lowokwaru Malang. Diduga, tersangka yang terkait kasus pencurian burung di Bulawang ini, meninggal akibat sakit yang dialaminya selama menjalani masa tahanan di dalam rutan. Informasi yang dihimpun,  kemarin pagi sekitar pukul 07.30, yang bersangkutan mengalami sakit panas dan kejang-kejang. “Seketika itu, Busiman dibawa ke IRD RSSA Malang untuk diperiksa,“ ujar Kapolsek Bululawang, Kompol Suparto. Saat dibawa ke RSSA itu, kondisi Busiman sudah tak sadarkan diri.
Nahas baginya. Tiba di rumah sakit, dia dinyatakan sudah meninggal. Suparto menjelaskan, Busiman yang merupakan teman M Choiron, pelaku pencurian burung lainnya, murni tewas karena penyakit yang dideritanya. “Saat dilakukan visum tadi, tak ada bekas kekerasan yang membekas di tubuh Busiman. Diduga, yang bersangkutan meninggal karena penyakit jantung yang telah lama dideritanya. Lantaran diketahui, dia (Busiman) juga sering mengkonsumsi minuman keras,“ beber dia.  Suparto menjelaskan, berkas perkara Busiman sudah di P21, sehingga keduanya dititipkan ke LP Lowokwaru sejak hari Sabtu (9/2) lalu untuk melangkah ke proses hukum selanjutnya.
Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Busiman bersama Choiron, warga Jalan Mawar, Malang jadi bulan-bulanan warga, ketika kepergok mencuri dua ekor burung di rumah Sujarwo, 48 tahun, Warga Jalan Sidomulyo, Desa Wandanrejo, Bululawang, Kamis (17/1) lalu. Saat itu barang bukti yang turut diamankan dari keduanya ialah sepeda motor Yamaha Mio milik kedua tersangka, beberapa barang lain seperti tang hingga borgol. (big/mar)