Karyawan Penagihan Gelapkan Uang

TAHAN : Yoga Aria Feri dijaga petugas Polsekta Blimbing.

BLIMBING- Yoga Aria Feri, 27 tahun warga Jalan Raya Beji, Kota Batu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di jeruji Mapolsekta Blimbing. Pria yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan bagian penagihan di Summit Auto Finance, ditangkap karena menggelapkan uang milik perusahaan senilai Rp 15 juta. Tersangka sendiri, berhasil ditangkap petugas di rumahnya tanpa melakukan perlawanan. Sementara saat dilakukan penangkapan, status tersangka sudah dikeluarkan dari perusahaan tempatnya kerja.  Diperoleh keterangan, berawal dari tersangka yang diberi tugas untuk melakukan penagihan ke sejumlah nasabah yang menunggak kredit kepada perusahaan pembiayaan itu. Kesempatan ini, dimanfaatkan tersangka untuk melakukan penggelapan. Caranya, yakni tidak memberikan uang hasil pembayaran kepada perusahaan. Kejadian sendiri terungkap, saat pihak keuangan finance melakukan audit.
Tersangka yang seharusnya sudah mengembalikan uang, justru tidak dikembalikan. Akibatnya, pelaku pun akhirnya dipecat. “Saya sebenarnya sudah berniat untuk mengembalikan uang itu. Namun, perusahaan malah tidak menerima. Dari situlah, saya dipecat,” kata tersangka.
Disinggung mengenai uang yang digelapkan, tersangka menjelaskan, selama menjadi petugas penagih piutang, dirinya ditarget mampu menagih hingga 10 nasabah. Karena target itulah, uang yang seharusnya dibayarkan dari nasabah ke perusahaan, justru digunakannya untuk membayar nasabah lain yang tidak membayar. (sit/mar)